FKCA Pantau Lokasi Pembangunan TPA di Topanda – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

FKCA Pantau Lokasi Pembangunan TPA di Topanda

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID  — Ketua FKCA (Forum Kajian Cinta Alquran) Bulukumba, Siti Isniyah meninjau lokasi perintisan TPA spesial di lokasi bencana puting beliung Dusun Mattoanging, Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale, Jumat, 4 Agustus 2017.

Menurut Siti Isniyah, lokasi yang telah ditinjau sangat strategis karena berada di pemukiman padat penduduk. “Saya lihat tempatnya juga sejuk, jadi anak-anak akan nyaman belajar Al-qurannya nanti, ” katanya.

Dengan adanya TPA Al Fitra, Isniyah berharap pengetahuan dan pemahaman anak-anak terhadap Al-quran dapat ditingkatkan. Kecintaan al-quran oleh anak-anak ini juga diharapkan dapat memengaruhi orang tua untuk turut memperdalam pengetahuan mengenai kitab suci umat Islam.

Kepala Desa Topanda, Andi Jemma mengatakan, TPA ini merupakan pertama di Topanda. Sebelumnya TPA melekat di Masjid setempat, namun hanya aktif setahun, pada 2013 lalu ditutup dan pindah ke rumah salah satu pengajar.

“Sekarang tidak ada TPA di desa ini, jadi memang ini sudah jadi impian sejak lama. Selama ini susah kalau mau ke TPA agak jauh dan rawan karena anak-anak nyebrang jalan raya,” ujarnya.

Pengerjaan TPA di atas lahan dengan status pinjam pakai milik Amiruddin rencana akan dimulai pada akhir pekan ini, ditarget rampung pada pekan terakhir Agustus. Bangunan diperkirakan seluas 10 kali 4 meter.

“Kalau dari hasil pendataan, anak-anak yang usia belajar di TPA itu ada sekitar 40an, ” katanya.

Ketua Dai Muda, Ust Ihwan Bahar mengatakan, TPA yang sementara dirintis tersebut diberi nama TPA Al Fitrah dari nama anak salah satu donatur tetap.
“Harapannya ini jadi TPA penolak bala mengingat di lokasi ini sering terjadi bencana puting beliung, ” katanya.

Selain TPA, tempat tersebut rencana kan difungsikan untuk TQA dan juga dilengkapi taman baca dari bantuan TDA (Komunitas Tangan di Atas). (jar)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!