179 Relawan Ikuti Penyuluhan, Pendidikan dan Pelatihan Damkar – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

179 Relawan Ikuti Penyuluhan, Pendidikan dan Pelatihan Damkar

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID – – Sebanyak 179 orang yang terdiri dari petugas Damkar dan Relawan Damkar, mengikuti penyuluhan, pendidikan dan pelatihan pemadam kebakaran (Damkar). Pelatihan itu sendiri berlangsung selama tiga hari dimulai 4-6 Agustus 2017, di Balai Latihan Kerja (BLK).

Dalam pelatihan tersebut, Damkar Bulukumba menghadirkan empat insyruktur dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Makassar, diantaranya Alamsyah Talib, (Kabid pencegahan dan pengawasan kota Makassar, Hasanuddin (Bidang Operasiona), dan dua staf Damkar Makassar.

Kasi Program Satpol PP dan Damkar Bulukumba, Syahyadi menjelaskan, para peserta tersebut mendapatkan metari terkait metode mengenai sistem pengamanan bangunan termasuk, prosedur penyelamatan diri dan orang lain, tidak hanya petugas damkar, para relawan damkar yang terdiri dari tiga perwakilan setiap kecamatan dan dua perwakilan setiap kelurahan diberikan materi cara mengantisipasi dan menangani kebakaran.

 

“Kita libatkan relawan dari masyarakat, tujuanya agar saat ada kebakaran relawan ini diharapkan mampu mengambil tindakan, terutama langkah penyelamatan, termasuk para relawan ini bertugas untuk bersosialisasi dilingkunganya masing-masing “ujarnya.

 

Kasatpol PP dan Damkar, Andi Baso Bintang, menambahkan partisipasi warga sangat diperlukan khususnya cara melakukan pencegahan secara preventif, diakuinya kendala yang kerap dihadapi petugas pemadam kebakaran adalah, cara memberikan pertolongan cepat terutama jika lokasi kebakaran di daerah yang sangat jauh dan terpencil,sehingga petugas tidak mampu menjangkau dalam waktu cepat.

“disitulah diperlukan peran masyarakat turut aktif secara spontan memberikan pertolongan, “ujarnya

Baso Bintang berharap, Pendidikan dan pelatihan tersebut mampu menjadikan personil damkar dapat terus bekerja dengan baik dalam menjalankan tugas kemanusiaan yang sangat mulia tersebut serta pengalaman yang diberikan narasumber dapat diaplikasikan dalam menyikapi bencana kebakaran yang tidak tahu pasti kapan dan dimana terjadinya.

“Jadi dalam pelatihan itu juga, para relawan dan petugas damkar menggelar simulasi di lapangan Masjid ICDT, tujuanya agar para relawan khususnya bisa sedikit dapat gambaran jika nantinya terjadi kebakaran. Tapi kita berharap bahwa kebakaran tidak terjadi, “tutupnya. (faj)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!