MTsN 1 Bulukumba Wajibkan Siswa Mahir Baca Tulis Alquran – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

MTsN 1 Bulukumba Wajibkan Siswa Mahir Baca Tulis Alquran

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID – – Dalam rangka membangun kecerdasan spritual, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bulukumba, melalui program Baca Tulis Alquran (BTQ), seluruh siswa digenjok agar mampu mahir baca dan menulis Alquran.

Kepala Sekolah MTsN 1 Bulukumba, Nurmiah mengatakan, proses belajar BTQ tidak saja dilakukan di rumah atau di tempat mengaji TPA/TPQ, namun program mahir BTQ harus digalangkan di pendidikan formal. Khusus untuk sekolah yang dipimpinya, setiap siswa diwajibkan membaca Alquran sebelum memulai pelajaran. Tujuanya, untuk memberikan suplemen spritual bagi seluruh anak didik dalam rangka pembangunan karakter.

 

“Kami juga mewajibakan siswa yang belum mahir membaca Alquran untuk mengikuti bimbingan khusus di sekolah, kegiatan ini sudah lama dan rutin, selain memang Madrasah di bawah naungan kemenag itu lebih banyak muatan pelajaran keagamaan juga selaras dengan perda keagamaan, “katanya.

 

Guru Bahasa Arab MTsN 1 Bulukumba, Ustad Ikhwan Bahar sekaligus pembina keagamaan di madrasah tersebut menambahkan, kelas khusus ditujukan bagi siswa yang belum tahu baca dan tulis Alquran. Tak hanya Program BTQ, siswa juga diberikan kelas khusus untuk dilatih menjadi Dai.

 

“Bersama rekan guru kami programkan belajar mengaji, ini di lakukan pada jeda waktu beberapa menit setelah siswa shalat duhur, untuk siswa kita ajar mengaji dan di tempatkan di ruangan khusus, bahkan ada yang mulai dari dasar karena seharusnya mereka sudah pintar mengaji sejak sekolah dasar tapi itulah tugas kita untuk membimbing,”pungkasnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!