Catat!! Warga Miskin Gratis Ajukan Perkara di Pengadilan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Catat!! Warga Miskin Gratis Ajukan Perkara di Pengadilan

Humas PN Bulukumba, Yusti Raja

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID  — Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Bulukumba menggratiskan bagi masyarakat kurang mampu (miskin) yang ingin mengajukan perkara secara gratis atau tanpa dipungut biaya.

“Setiap warga memiliki hak untuk menuntut keadilan baik miskin maupun kaya, jadi jangan karena biaya seseorang ragu untuk menuntut keadilan, setiap orang sama di mata hukum,” kata Humas Pengadilan Negeri Bulukumba, Yusti Raja, Rabu, 9 Agustus 2017.

Namun, kata dia, tentunya bagi masyarakat kurang mampu jika ingin mengajukan perkara secara gratis ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

“Bukti-bukti yang harus diperlihatkan, seperti surat keterangan dari pemerintah desa atau kelurahan yang menjelaskan bahwa dia merupakan warga kurang mampu dan melampirkan kartu jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) atau jaminan kesehatan lainnya yang merupakan bantuan pemerintah, serta beberapa persyaratan lainnya,” jelasnya.

Pelayanan hukum secara gratis tersebut, lanjut Yusti sudah sejak lama diterapkan. “Jadi ini bukan lagi hal yang baru diberlakukan, layanan ini sudah lama hanya saja tekhnis pelayanannya yang terus diperbaharui, pembaharuan terakhir itu dari Mahkamah Agung (MA),” terangnya.

Jadi Yusti mengimbau kepada masyarakat, untuk tidak ragu dalam menuntut keadilan karena pemerintah telah memberikan keringanan yakni pengajuan perkara secara gratis. (ria/wan/B)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!