Dai Muda Tolak Waria Ikut Lomba Dalam Perayaan HUT RI – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Dai Muda Tolak Waria Ikut Lomba Dalam Perayaan HUT RI

Majelis dai muda Bulukumba

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID — Persatuan Dai Muda Kabupaten Bulukumba menolak keras jika para waria (wanita pria) ikut dalam lomba baris berbaris Peringatan HUT RI ke-72 mendatang.

Menurut Kordinator Dai Muda Bulukumba, Ikhwan Bahar, dengan didukungnya waria ikut dalam lomba berarti mengakui adanya jenis kelamin diluar lelaki dan perempuan. Ikhwan Bahar menilai aksi para waria tidak sesuai syariat Islam dan tak sesuai dengan budaya Bugis dan Makassar. Sehingga harapanya daerah menolak perwakilan waria untuk ikut dalam lomba.

“Karena itu kami minta kepada Pemkab Bulukumba untuk tidak memberi ruang kepada waria yang ingin tampil berbusana perempuan dalam lomba berbaris,” kata Ikwan Bahar kepada awak media, Rabu, 9 Agustus 2017.

Ustad A. Armayadi mengungkapkan Apapun bentuk permainan untuk memeriahkan HUT RI sah sah saja selama tak melanggar etika agama dan budaya, dia berharap pada perayaan nantinya tidak ada t Gerak Jalan Khusus Waria dengan pakaian seronok. “Termasuk jika ada pertandingan sepak bola agar tidak menggunakan daster karna itu pakaian wanita, “imbaunya.

 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Andi Hamka yang dikonfirmasi membenarkan keterlibatan waria dalam kegiatan PBB 17 Agustus mendatang. Hanya saja dia belum mengetahui pasti adanya penolakan dari Dai Muda atas keterlibatan kaum gender tersebut.

“Saya di Makassar, saya akan lapor ini ke bupati, terima kasih,” singkat Hamka yang merupakan penanggungjawab lomba PBB.

Sementara itu Pemerhati Waria, Aril menyesalkan adanya penolakan dari Dai Muda. Menurutnya, aksi penolakan bukti tidak mendukung adanya Hak Asasi Manusia (HAM) yang berlaku di Indonesia. Waria kata Aril merupakan manusia yang juga memiliki hak yang sama dengan orang lainnya.

“Kami warga Indonesia, jadi boleh dong ikut berpartisipasi dalam perayaan HUT RI,” ujar Aril. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!