Kades Lolisang Soroti Pelayanan Disdukcapil – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Kades Lolisang Soroti Pelayanan Disdukcapil

Kades Lolisang, muh Amir

 

BULUKUMBA,RADAR SELATAN. CO.ID – – Kepala Desa Lolisang Muhammad Amir menyesalkan kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bulukumba, terkait masih lambannya pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga KK.

“Pimpinan dengan Kabid Kependudukan disinyalir berkonspirasi memonopoli pelayanan. Akibatnya, pelayanan untuk penerbitan blangko KTP dan Kartu Keluarga (KK) menjadi lamban,” ujarnya kesal.

Bahkan Muh Amir mengaku kalau salah satu warganya yang mengurus KTP sejak tahun 2016 lalu sampai tahun 2017 belum juga bisa tercetak.

” Kalau begini terus pelayanan Dikducapil saya tidak mau lagi memberikan data perkembangan penduduk” ujarnya.

Selain itu, pelayanan yang dilakukan oleh petugas atau pegawai di Dukcapil ini masih tidak bersahabat, seperti yang dikeluhkan oleh salah seorang warganya, Nurdiah.

“Bayangkan saja akte kelahiran warga saya sudah beberapa minggu belum juga di cetak oleh Dikducapil” katanya.

Menurut Muhammad Amir dirinya seperti dipermainkan oleh petugas di Dukcapil Bulukumba. Selain pelayanan yang tidak baik, keadaan kantor Dinas Dukcapil Bulukumba sangat tidak layak untuk dikatakan sebagai gedung instansi pemerintahan, selain kondisi gedung yang terlihat kotor juga sempit, infrastruktur yang ada di dalamnya juga sangat buruk, misalnya saja tidak tersedianya cukup kursi bagi masyarakat yang ingin melakukan pengurusan dokumen kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Bulukumba Andi Muliaty Nur mengatakan kalau selama ini pelayanan terus di tingkatkan namun dirinya mengakui kalau saat ini masih banyak oknum-oknum calo bahkan orang dalam yang coba bermain.

” Kita akan kenakan sanksi pemecetan kepada tenaga operator yang memang di temukan bermasalah baik pungli maupun masalah pelayanan” ujarnya.

Bahkan mantan Sekwan DPRD Bulukumba ini meminta kepada masyarakat untuk tidak segan- segan mengaduhkan masalah pelayanan di kantor dikducapil” kata Muliaty Nur kemarin. ( Irwan)

To Top