Ini Dia Sosok Penting Di Balik Pakaian Adat Bugis Jokowi Saat Sidang Tahunan MPR – Radar Selatan

Radar Selatan

Hiburan

Ini Dia Sosok Penting Di Balik Pakaian Adat Bugis Jokowi Saat Sidang Tahunan MPR

 

JAKARTA, RADAR SELATAN. CO.ID Presiden Joko Widodo tampil beda dalam sidang tahunan MPR tahun ini, Rabu 16 Agustus 2017. Jika pada tahun sebelumnya menggunakan pakaian resmi berupa setelan jas lengkap, kini Jokowi menggunakan pakaian adat Bugis.

Siapa sosok yang berperan penting dalam mempersiapkan kostum tradisional dari tanah Bugis?
Dia adalah Andi Diana Beso Manggabarani atau akrab disapa Puang Diana dan Ayunsri Harahap, istri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.
Andi Diana yang dihubungi RADAR SELATAN mengatakan, ia dihubungi 10 hari lalu oleh ibu Ayunsri untuk mempersiapkan pakaian yang akan dikenakan Presiden RI Joko Widodo.
“Saya juga kaget, diminta ibu Gubernur mencari kain dan membuat ikat pinggang atau pa’bekkeng untuk dipakai presiden,” ujar Andi Diana.

Praktis saat itu juga Andi Diana bekerja keras mencari kain dan berkoordinasi dengan Ibu Ayunsri untuk bahan jas tutup yang akan dikenakan Jokowi, termasuk membikin sendiri pa’bekkeng (ikat pinggang) yang didominasi warna emas selama satu hari satu malam.
“Pa’bekkeng yang dikenakan Pak Jokowi itu saya kerjakan sendiri. Handmade, selama satu hari penuh saya selesaikan dan hasilnya sangat membanggakan,” terang istri dari Andi Syafiuddin Makka ini.

Sementara sarung sutera merupakan pilihan Ibu Ayunsri. Jas tutup warna blue navy menurut Andi Diana dipilih langsung oleh Jokowi. “Awalnya kami mengirimkan beberapa warna, Pak Presiden sendiri yang memilih warna blue navy,” ujar Andi Diana yang menyebut kain untuk jas tutup presiden merupakan kain Tallasa atau kain yang bercahaya. Jenis kain tersebut memang biasanya digunakan oleh raja-raja pada upacara khusus.

Menghandle pakaian Presiden RI bukan perkara mudah bagi Andi Diana. Meski sudah terbiasa mempersiapkan kostum untuk para petinggi negara termasuk kostum Gubernur Sulsel, bagi Andi Diana, pengalaman mempersiapkan kostum untuk Presiden RI merupakan hal yang mendebarkan sekaligus membanggakan.

“Alhamdulillah hari ini semua mata tertuju pada busana Bapak Presiden dan itu suatu kebanggaan bagi Sulawesi Selatan,” ungkapnya. (una)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!