Wujudkan Kerukunan,  Ini Yang Dilakukan Antar Umat Beragama di Bulukumba  – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Wujudkan Kerukunan,  Ini Yang Dilakukan Antar Umat Beragama di Bulukumba 

Usai membersihkan dan memperbaiki saluran air, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTi) Bulukumba bersama pengurus gereja, remaja masjid, Kerukunan Katolik, IMM dan pasukan TNI dari Kodim 1411 Bulukumba berfoto bersama. Kegiatan kebersamaan yang dilaksanakan dalam rangka HUT RI ke 72 rencananya akan dilanjutkan setiap bulan dengan menyasar rumah ibadah di Bulukumba.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID  — Kerukunan umat di Bulukumba dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTi) Bulukumba bekerjasama dengan pengurus gereja, remaja masjid, Kerukunan Katolik, dan IMM sinergi dengan Kodim 1411 Bulukumba menggelar kegiatan kebersamaan dengan membersihkan rumah ibadah. Kegiatan awal dilaksanakan di Masjid Babur Rahman Tanah Kongkong, Kelurahan Bintarore, Jumat, 18 Agustus.

Ketua PSMTi Bulukumba, Oskar Siady mengatakan, kegiatan ini rangkaian dari kegiatan HUT RI ke 72. Namun akan diagendakan setiap bulan dengan sasaran awal pembersihan dan penyaluran bantuan berupa alat kebersihan di rumah ibadah.

“Mungkin kita akan perluas kegiatannya nanti, tapi prioritas tempat ibadah dulu seperti masjid dan gereja,” ujar Oskar didamping Chris Tamrin, Owner Toko Mitra Bulukumba.

Pada kesempatan itu, Sekertaris Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa, H. Muh.  Asfar Wandi atau H. Roy secara pribadi memberikan bantuan berupa satu ekor sapi kurban kepada masjid yang dikunjungi.

H. Roy berharap kegiatan ini dapat mewarnai keberagaman menjadi kekuatan di Bulukumba untuk menguatkan NKRI. Selain itu, sebagai wujud tanggun jawab sosial kepada lingkungan dan masyarakat. Kegiatanya disesuaikan dengan moment, seperti saat ini berkaitan dengan kemerdekaan dan Idul Adha.

“Ini sebenarnya sudah sejak dulu kegiatannya. Kami selalu turun ke masyarakat membantu, misalnya membuat MCK, bagi sembako dan lainnya,” ujar pria muallaf itu.

Ketua Kerukunan Katolik, Josaphat l. Lewan menambahkan, kegiatan kepedulian dengan kerjabakti untuk memupuk rasa kebersamaan. Bersinergi dan menjaga tolernasi, agar dapat membangun keakraban. “Ini bisa jadi contoh untuk di daerah lainnya,” katanya.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1411, Mayor Arm Arfan T  mengatakan, sangat mendukung kegiatan yang sejalan dengan salah satu program pihaknya. “Ini sangat positif, kita mendukung. Karena memang ada kegiatan yang hampir sama dengan kegiatan ini,” katanya.

Panitia Masjid Babur Rahman, H. Muh. Sayuti berharap kegiatan ini bukan sekedar bersih-bersih rumah ibadah melainkan bentuk silaturahmi antar umat beraagama. “Dengan ini semoga mempersatukan kita, baik dari berbagai macam suku dan agama,” tambahnya. (jar)

To Top