Wakil Rakyat Bulukumba Bakal Makin Kaya,  Gaji Akan Dinaikkan??  – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Wakil Rakyat Bulukumba Bakal Makin Kaya,  Gaji Akan Dinaikkan?? 

ilustrasi (int)

 

BULUKUMBA,RADAR SELATAN. CO.ID  — Wakil rakyat bakal makin kaya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba sementara melakukan kajian, terkait besaran kenaikan gaji dan tunjangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba.

=======

Kenaikan gaji akan disesuaikan kemampuan keuangan daerah yang akan masuk dalam komponen belanja pegawai. Sekretaris DPRD Bulukumba, H. Daud Kahal Selasa 22 Agustus mengatakan, saat ini Pemkab belum bisa menginformasikan besaran kenaikan gaji dan tunjangan anggota DPRD. Pasalnya, masih dilakukan kajian berdasarkan kemampuan daerah. Khusus untuk tunjangan transportasi, Daud mengaku jika Pemkab telah membentuk tim Survei yang terdiri dari Sekretaris Dewan, Dinas Perhubungan dan Badan Keuangan.

“Ada beberapa komponen pendapatan DPRD yang akan naik seperti tunjangan transportasi, Tunjangan Komunikasi Informasi (TKI), serta tunjangan reses yang sebelumnya 3 kali setahun,” ujar mantan Kabag Humas Pemkab Bulukumba itu.

Daud mengaku Pemkab sisa menunggu Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur besaran gaji dan tunjangan DPRD, sesuai dengan kondisi keuangan daerah, sebagaimana implementasi dari pelaksanaan PP Nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD.

Sekretaris Daerah Bulukumba, A. Bau Amal yang ditemui di parkiran kantor Bupati mengatakan jika daerah belum

bisa memastikan berapa besaran kenaikan gaji anggota DPRD karena daerah masih melakukan pengkajian.

“Belum bisa kami pastikan berapa, cuma yang pasti akan naik, tergantung kemampuan daerah,” jelas Bau Amal.

Aktivis Cinta Daerah (ACD) Bululumba, A. Ahmad berharap dengan bertambahnya gaji DPRD bisa menambah kinerja para wakil rakyat dalam memberikan kontribusi pembangunan daerah. Seperti pengawasan dan penetapan anggaran yang pro kepada rakyat.

“Gaji bertambah, berarti kinerja harus ikut bertambah, jangan hanya menghabiskan uang rakyat tanpa ada progres yang pasti,” ujar A. Ahmad. ***

 

Gaji Naik, Anggota Dewan Jangan Malas

Wakil Ketua DPRD Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki mengatakan, kenaikan gaji DPRD sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. “Ini berlaku secara nasional, bukan semata keinginan DPRD. Untuk kenaikannya kembali pada kemampuan keuangan daerah,” ujarnya.

Dengan kenaikan gaji DPRD, Zulkarnain berharap wakil rakyat lebih meningkatkan kualitas kerja sesuai dengan tupoksi masing-masing. “Dengan aturan ini, berarti pemerintah meminta DPRD lebih baik dalam bekerja,” katanya.

 

Anggota DPRD Komisi D, Fahidin HDK mengatakan, Bulukumba sebelumnya masuk dalam klaster tinggi, namun setelah penetapan PP Nomor 18 tahun 2017 masuk klaster sedang. Setelah hampir 20 tahun, representasi gaji dan tunjangan DPRD yang sebelumnya naik tiga digit atau tiga kali lipat kini bertambah dua digit atau lima kali lipat. “Jadi kenaikan gaji itu lima kali lipat,” katanya.

Sejak dilantik DPRD seharusnya legislator difasilitasi kendaraan tapi faktanya daerah tidak dapat memenuhi pengadaan mobil anggota DPRR sehingga fasilitas kendaraan selain pimpinan DPRD hanya kendaraan operasional komisi. Pemerintah daerah mengganti dengan tunjangan transportasi.

“Konsekuensi dengan tunjangan transportasi DPRD harus mengembalikan kendaraan dinas. Kecuali pimpinan DPRD yang menggunakan mobil dinas karena tidak diberikan tunjangan transportasi, ini menyangkut lambang, wibawa, potret DPRD,” ujarnya.

Dengan besaran anggaran untuk kenaikan gaji, diharapkan dapat mendorong kinerja DPRD menjadi lebih baik. Termasuk mengawasi pemerintah daerah dalam rangka menjalankan pelaksanaan aturan perundangan-undangan.

“Ini agar DPRD tidak bermalas-malasan, DPRD tidak dicurigai bersekongkol dengan pemerintah daerah. Dengan kenaikan gaji ini diharapkan wibawa DPRD lebih bermartabat,” harapnya. (jar/una

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!