BUMDes Sopa Juara Harapan I Sulsel – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

BUMDes Sopa Juara Harapan I Sulsel

FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN USAHA. Proses pembuatan batu alam di BUMDes Sopa Mandiri, Desa Sopa, Kecamatan Kindang. Usaha yang telah dirintis sejak 2016 lalu itu telah menghasilkan omzet jutaan rupiah sebulannya. (Sumber: Dok. Saleh).
KINDANG, RADAR SELATAN. CO.ID — Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sopa Mandiri, Kecamatan Kindang, berhasil meraih juara harapan I pada lomba BUMDes Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Prestasi ini diperolah berdasarkan keberhasilan Desa Sopa dalam mengelola dan mengembangkan usahanya.
Kepala Desa Sopa, Saleh yang dihubungi mengaku senang dan bangga dengan prestasi yang diraih BUMDes Sopa Mandiri. Menurutnya, prestasi tersebut merupakan keberhasilan seluruh masyarakat dalam mendukunga program desa khususnya BUMDes.
“Meskipun hanya juara harapan I, tapi ini sudah sangat membanggakan. Ini membuktikan bahwa pengelolaan BUMDes sedikit demi sedikit mulai berkembang,” jelasnya.
Dijelaskannya, saat ini BUMDes Sopa Mandiri mengembangkan usaha pembuatan batu alam. Usaha yang telah dirintis sejak tahun 2016 lalu telah berhasil menembus pasar regional. “Bahkan kami sudah mengirim sampai ke Irian Jaya,” tambahnya, Kamis 24 Agustus.
BUMDes Sopa Mandiri, lanjut Saleh, awalnya diberikan modal awal sebesar Rp 70 juta rupiah. “Saat ini kami telah mempekerjakan belasan orang warga Desa Sopa dan satu orang dari Jawa yang bertugas sebagai pendamping BUMDes,” jelasnya.
Dari hasil penjualan batu alam tersebut, pengurus BUMDes mampu menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PAD) hingga puluhan juta. “Hanya saja PAD tersebut masih kami gunakan untuk pengembangan BUMDes,” tutupnya.
Sementara itu, dikonfirmasi Kepala Sub Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD, Hamja menambahkan, secara keseluruhan di Kabupaten Bulukumba telah terbentuk 88 BUMDes. “Dari sekian banyak  BUMDes, posisi BUMDes terbaik ditempati oleh BUMDes Sopa Mandiri,” imbuhnya. (*)
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!