Dilarang Gunakan Ambulans, Warga Gunakan Sarung Gotong Jenazah Sejauh 7 Km – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Dilarang Gunakan Ambulans, Warga Gunakan Sarung Gotong Jenazah Sejauh 7 Km

Jenazah Alm Mappi saat digotong menggunakan sarung oleh warga laikang

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Warga Kelurahan Laikang, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, terpaksa memikul jenazah Mappi dari Puskesmas Kajang, menuju kediamannya. Itu dilakukan setelah pihak manajemen Puskesmas menolak penggunaan ambulans untuk mengangkut jenazah.

 

Kepada Wartawan RADAR SELATAN Keluarga, almarhum Mappi, Safri mengaku, keluarganya bersama warga terpaksa memikul jenazah Mappi dengan jarak kurang lebih tujuh kilometer (Km), dari Puskesmas ke rumah duka, karena ambulans yang ada tidak bisa digunakan. Padahal, kata Safri, ambulans tersebut biasa diguanakan ke pesta pernikahan.

Safri mengaku, keluarganya meninggal akibat terjatuh di kebun saat hendak mengambil ternak, hanya saja karena tidak sadarkan diri Mappi dibawa ke Puskesmas. Namun sesampainya disana dinyatakan meninggal. “Menurut keterangan pihak Puskesmas, tidak ada ambulans jadi tidak bisa diantar, padahal adaji,” ujar Safri, Jumat, 25 Agustus 2017.

 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kajang, Siti Hayati mengakui adanya warga yang meninggal. Namun, pihaknya menolak untuk menggunakan mobil ambulans mengangkut jenazah karena berdasarkan surat edaran Bupati Bulukumba, A M Sukri A Sappewali. “Tidak bisa. kami sebenarnya juga kasihan, namun mau bagaimana lagi, ini aturan yang tidak boleh dilanggar,” ujar Siti Hayati, Jumat, 25 Agustus

 

—————

Baca berita selengkapnya di Koran Harian Radar Selatan Edisi Sabtu 26 Agustus 2017

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!