Insert Institute : Jika Koalisi Nasional Solid, Itu Pertimbangan Ketokohan NH-Aziz Belaka – Radar Selatan

Radar Selatan

Politik

Insert Institute : Jika Koalisi Nasional Solid, Itu Pertimbangan Ketokohan NH-Aziz Belaka

MAKASSAR, RADARSELATAN.CO.ID — Dukungan bagi pasangan Nurdin Halid (NH)-Aziz Qahhar Mudzakkar pada Pilgub Sulsel 2018 terus mengalir. Tidak hanya dari Golkar, parpol lain telah memberikan sinyal untuk bergabung. Ternyar, PPP versi Djan Faridz secara resmi menyatakan dukungan. Pasangan NH-Aziz memang dijagokan meraih dukungan dari parpol koalisi istana.

Pengamat politik dari Insert Institute, Muhammad Haris, menyatakan dukungan dari parpol koalisi istana memang berpeluang jatuh ke pasangan NH-Aziz. Sosok NH menjadi kuncinya.

NH dipandang sebagai tokoh berpengaruh di dunia politik Indonesia, terutama dalam membangun koalisi istana. Bersama sang ketua umum, Setya Novanto, NH merupakan figur di Golkar yang mati-matian mendukung Jokowi pada Pilpres 2019.

Berbekal ‘kedekatan’ dengan istana ditambah jejaring politik di pusat, NH diprediksi tidak akan kesulitan mengamankan koalisi istana pada Pilgub Sulsel 2018.

“Saya melihat Pak Nurdin Halid mampu menyatukan visi koalisi istana di pusat. Itu tidak mudah dan inilah kelebihan Pak Nurdin. Karena itu, koalisi istana ini sepertinya akan mudah terwujud di pilgub Sulsel,” kata Haris, di Makassar, Senin 28 Agustus 2017.

Menurut Haris, keyakinan NH-Aziz didukung koalisi istana juga dilatarbelakangi fakta bahwa NH memiliki kedekatan dengan petinggi parpol di pusat. Maklum, mantan Ketua PSSI tersebut menjabat Ketua Harian DPP Golkar. Pengaruh NH di pusat, sambung dia, juga membuat sejumlah program populisnya mampu direalisasikan, meski terkadang terdengar cukup sulit bagi masyarakat awam.

“Banyak program NH-Aziz yang sepertinya bagi orang awam mengada-ada. Tapi, jangan ragukan jaringan politik maupun jaringan bisnis Pak Nurdin di pusat untuk membawa anggaran ke daerah demi memenuhi program-program populis tersebut,” pungkasnya.

Parpol koalisi istana pendukung Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla diketahui terdiri dari Golkar, PPP, NasDem, PDIP, PKB dan Hanura. Sejauh ini, baru Golkar dan PPP yang pasti memberikan dukungan. Adapun empat parpol lainnya belum menetapkan arah dukungan. Toh demikian, keempat parpol tersebut membuka peluang untuk mengusung NH-Aziz. (rls)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!