Tambang di Palambarae Kembali Beroperasi ? – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Tambang di Palambarae Kembali Beroperasi ?

Ilustrasi (int)

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Kendati gencar-gencarnya tim satgas penertiban tambang galian C ilegal melakukan operasi, namun tidak semua pemilik tambang berhenti beraktifitas. Salah satu contohnya di di Dusun Paojawae, Desa Palambarae, Kecamatan Gantarang yang sampai hari ini masih bebas beroperasi.

Informasi yang dihimpun, Minggu, 27 Agustus 2017, aktivitas tambang galian C di aliran Sungai Kirasa awalnya pernah dirazia oleh tim Satgas namun operasi tersebut tidak membuahkan hasil lantaran sudah tercium oleh pengelola tambang.

“Memang pernah dilakukan operasi pak, tapi tidak ada satupun bukti yang disita termasuk rudal pemilik tambang, hanya berselang beberapa hari tambang itu kembali beroperasi,” kata Ferdi warga setempat.

Ferdi yang juga tokoh pemuda di Desa Palambarae mengatakan bahwa aktivitas tambang tersebut mengakibatkan kebun milik warga menjadi rusak akibat terkikis oleh rudal.

“Banyak warga yang ingin protes, tapi takut karena warga selalu diteror agar tidak mengadukan hal ini ke penegak hukum,” ungkapnya.

Ferdi mendesak pihak kepolisian dalam hal ini tim satgas penertiban tambang ilegal Bulukumba untuk tidak tebang pilih dalam melakukan penertiban tambang.

Sementara itu, Ketua Tim Satgas Penertiban Tambang, Kompol Syarifuddin membantah pihaknya tebang pilih dalam melakukan razia tambang. Buktinya kata dia, puluhan rudal dan alat berat telah disita dan disegel oleh aparat kepolisian bersama dengan tim.

“Kita tidak tebang pilih dalam masalah penertiban tambang, namun memang masih ada oknum penambang yang memang main kucing-kucingan dengan tim,” katanya.

Namun Syarifuddin menegaskan akan menindak tambang-tambang yang tetap beroperasi meskipun dibekingi oleh oknum-oknum tertentu, pihaknya akan terus melakukan kordinasi dengan semua tim. (One/wan/B)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!