Petani Topanda Belajar Pertanian Alami – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Petani Topanda Belajar Pertanian Alami

PENDAMPINGAN. Petani dari Desa Topanda bersama babinsa setempat yang aktif pendampingan pertanian mencoba mempraktekkan pupuk alami racikan Armin Salassa dari Desa Salassae. Dengan pelatihan pertanian alami, diharapkan petani Topanda kembali bertani alami untuk peningkatan kesejahteraan.

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Untuk menghemat biaya produksi dan peningkatan hasil pertanian, Pemerintah Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba mendorong petani untuk bertani alami. Hal ini dibuktikan dengan pelatihan yang menghadirkan pencetus pertanian alami dari Desa Salassae, Armin.

Kepala Desa Topanda, Andi Jemma mengatakan, mahalnya biaya produksi dalam hal ini pupuk kimia dan pestisida membuat pihaknya menyelenggarakan pelatihan untuk petani yang berlangsung pada akhir pekan lalu di balai desa. Kegiatan tersebut diangarkan dari APBDesa yang diperuntukkan melalui pemberdayaan masyarakat.

“Pertimbangannya selain itu, pupuk (kimia) sering terlambat disuplai. Apalagi manfaat jauh lebih besar dibandingkan pakai pupuk kimia,” katanya, Senin, 28 Agustus 2017.

Dengan kembalinya petani bertani alami, menurut Jemma akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat dengan menekan biaya produksi dan meningkatkan hasil pertanian. Karenanya, ia berharap usai kegiatan, petani di desanya menerapkan apa yang telah dipelajari dan diperaktekkan waktu itu.

“Saya harap jangan berhenti sampai disitu saja. Petani benar-benar menerapkan untuk saat musim tanam yang akan datang, apalagi dengan kesiapan dari pemateri mendampingi mulai dari pengelolaan hingga panen nanti,” ujarnya.

Pertimbangan lain Jemma dari sisi kesehatan. Dimana konsumsi manusia saat ini banyak terkontaminasi dengan zat kimia. Dengan pertanian alami, selain akan mewariskan tanah yang subur untuk generasi pelanjut, bahan yang digunakan terjangkau, mudah dan ada di sekitar kita.

“Mencoba mengajak petani memakai pupuk alami yang bahannya ada disekitar kita. Ini juga sudah terbukti di Salassae dan beberapa desa lainnya sudah berhasil, saya terinspirasi dari mereka,” katanya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!