Aksi Sejuta Koin Untuk Pengadaan Mobil Jenazah, Rp 7 Juta Sudah Terkumpul – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Aksi Sejuta Koin Untuk Pengadaan Mobil Jenazah, Rp 7 Juta Sudah Terkumpul

GALANG DANA. HMI Cabang Bulukumba penggalangan dana di pertigaan Mall Mega Zanur Bulukumba, Kamis, 7 September 2017.

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Program sejuta koin untuk pengadaan mobil ambulans atau jenasah yang dipelopori RADAR SELATAN bersama Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) serta Palang Merah Indonesia (PMI) terus mendapat dukungan dari sejumlah pihak. Terbukti dua pekan terakhir, penggalangan dana telah terkumpul sekira Rp 7 juta.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bulukumba menggelar penggalangan dana di pertigaan Mall Mega Zanur Bulukumba, sebelumnya juga sejumlah relawan PMI Bulukumba melakukan penggalangan dana di sejumlah sekolah. Tak hanya itu partisipasi juga datang dari tokoh masyarakat Bonto Bahari H. Kardi yang juga pengurus Partai Demokrat.

Penanggunjawab pelaksana gerakan sejuta koin, Rakhmat Fajar yang juga Ketua HMI Bulukumba, mengatakan gerakan tersebut dilaksanakan atas inisiasi RADAR SELATAN yang menggandeng HMI dan PMI dalam rangka membantu ketersediaan fasilitas kendaraan mobil jenazah yang memang dinilai masih kurang khususnya di daerah terpencil.

Dia menilai selain memberikan masukan ke pemerintah untuk menambah anggaran untuk pengadaan mobil ambulans dan jenazah, gerakan sejuta koin dianggap sedikit memberikan solusi terkhusus kegiatan tersebut mampu menumbuhkan semangat kegotong-royongan.

“Maaf kegiatan ini tidak bermaksud menyinggung pihak manapun. Ini tidak lebih pada gerakan kemanusiaan saja, paling tidak melalui kegiatan ini mampu menumbuhkan semangat kegotong-royongan di tengah himpitan krisis kepedulian, alhamdulillah sudah ada dana terkumpul sekitar Rp7 jutaan,” katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut akan berkesinambungan dilakukan dengan memaksimalkan ruang publik dan kantong dermawan. Anggaran yang terkumpul nantinya, lanjut Fajar akan diserahkan ke Badan Amil Zakat (Baznas) Bulukumba sebagai lembaga yang profesional dalam mengelola dana sosial, sedakah dan sebagainya.

“Alhamdulillah gerakan ini banyak disambut baik. Insya Allah amanah dan bantuan dari semua pihak akan dikelola dengan baik dan penuh tanggung jawab. Mungkin akan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mengumpulkan dana pembelian mobil, makanya setiap dana yang terkumpul akan kita serahkan ke Baznas,” jelasnya.

Terpisah, Tokoh Masyarakat Bontobahari, H Kardi menyambut baik kegiatan yang dilakukan RADAR SELATAN bersama HMI dan PMI. Menurutnya, kegiatan sosial harus sering dilakukan dalam rangka membantu sesama dan pemerintah juga sebagai bentuk kepedulian terhadap umat.

Dia menambahkan pada dasarnya pengadaan mobil jenazah tidak selalu harus membebankan ke pemerintah daerah akan tetapi bisa dilakukan dengan dana swadaya.

“Makanya kenapa saya sangat mendukung kegiatan ini, Insya Allah saya juga akan komunikasi ke sejumlah pengusaha kapal untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan sejuta koin ini. Dan kami juga sampaikan kalau di Desa Ara dan Lembanna Kecamatan Bontobahari itu, sudah ada mobil jenazahnya itu hasil swadaya masyarakat,” katanya. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!