IYL dan Danny Kompak di Dies Natalis Unhas – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Politik

IYL dan Danny Kompak di Dies Natalis Unhas

MAKASSAR, RADARSELATAN.CO.ID — Bakal Calon Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo, menghadiri upacara Dies Natalis Universitas Hasanuddin ke-61 di Baruga Unhas, Sabtu (9/9/2017).

Ichsan terlihat duduk di kursi VIP bersama undangan-undangan lainnya. Tampak juga Gubernur Sulsel dua periode, Syahrul Yasin Limpo dan Walikota Makassar, Danny Pomanto.

Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu, dalam sambutannya mengucapkan apresiasinya kepada para tetamu yang hadir. Dalam sambutannya, Dwia menyebut usia 61 tahun bukan lagi usia yang muda. Untuk itu, Unhas harus mampu memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk negara ini.

“Kami mencoba melakukan terobosan-terobsan yang mampu bermanfaat untuk negara ini, kita juga berusaha bagaimana menjaga NKRI yang akhir-akhir ini nyaris disusupi radikalisme,” kata Dwia Aries.

Ia menambahkan, di usia sekarang ini, Unhas mencoba mencari invosi dan berfikir apa yang telah Unhas berikan untuk Negara ini. “Keberadaan Unhas bermanfaat untuk bangsa dan negara dengan berbagai program studi di dalamnya,” jelasnya.

Ichsan sendiri saat ini tercatat sebagai mahasiswa Program Pascasarjana Unhas. Saat ini, Pelopor Pendidikan Gratis di Indonesia itu tengah dalam tahap penelitian mengejar gelar doktor.

Tak tanggung-tanggung, mantan kepala daerah yang pernah membawa Kabupaten Gowa sebagai pemerintahan terbaik nasional kedua, mengambil sampel penelitian di tujuh negara.

Di tujuh negara yang pendidikan dasarnya sering dijadikan percontohan negara- negara maju di dunia, Ichsan mengambil sample penelitian dibebarapa sekolah, mulai tingkat SD dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Untuk diketahui, selama menjabat Bupati Gowa dua periode, Ichsan dikenal banyak memberikan perhatian terhadap perkembangan dunia pendidikan. Selain bupati pertama yang menerapkan perda pendidikan gratis di Indonesia, mantan anggota DPRD Sulsel ini juga sukses menerapkan sistem kelas tuntas berkelanjutan.

Hal lainnya, yakni membentuk sekolah unggulan bertaraf Internasional, Program Punggawa D’Emba Education yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan gratis, serta berbagai program pendidikan lainnya yang kini banyak diadopsi oleh pemerintah kabupaten di Indonesia.

Atas kepedulian dan capaian di bidang pendidikan itu, semasa menjabat, Ichsan banyak menerima penghargaan. Diantaranya, penghargaan Ki Hajar Dewantara dari Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, UNESCO Literacy Prize / Penghargaan Tertinggi Bidang Pendidikan dari UNESCO (2009). (rls)

To Top