Begini Keyakinan Ketua NasDem Lutim Soal Pilgub – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Politik

Begini Keyakinan Ketua NasDem Lutim Soal Pilgub

SALAM SULSEL BARU. Ketua Nasdem Luwu Timur Irwan Bachri Syam (kanan), Irwan Kurniawan (tengah), dan Plt Ketua Golkar Palopo, Armin Mustamin Toputiri di Black Canyon Cafe, Jalan Hertasning, baru-baru ini.

RADARSELATAN.CO.ID — Koalisi Partai Golkar dan NasDem kini makin dekat. Menghadapi Pilkada Serentak di Sulsel 2018, kedua partai besar itu bakal maju bersama mengusung Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar.

Dua kekuatan parpol ini, di mata Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam, akan mendorong kerja-kerja persiapan NH-AZIZ di Pilgub Sulsel bakal lebih baik. Apalagi, kekuatan politik dua partai politik tersebut terbilang besar.

Makanya di mata Irwan, peluang menang pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar terbuka lebar. Kekuatan besar dari koalisi tersebut diprediksi bakal sulit untuk dibendung bakal calon lain.

“Kami optimis, pasangan NH-Aziz bisa menang jika sama-sama berkomitmen di Pilgub Sulsel. Golkar dan NasDem punya kekuatan masing-masing, kalau disatukan, bayangkan saja,” tutur Irwan, Selasa, (12/9).

Hitung-hitungan di atas kertas, koalisi ini bisa menghasilkan kekuatan signifikan. Pada Pemilu 2014 lalu, suara dua partai ini jika disatukan mencapai 1,4 juta suara, atau 27 persen suara pemilih.

Golkar kala itu berhasil mencapai 864 ribu dukungan dan Nasdem bisa menghimpun 316 ribu dukungan. Jumlah itu masih diprediksi bakal meningkat pada Pilgub Sulsel tahun depan bagi NH-Aziz.

Selain itu, faktor penguasaan wilayah yang ditandai dengan kader partai sukses menjadi kepala daerah. Total ada 20 kabupaten/kota di Sulsel kader dari dua partai ini yang masih menjabat. Hanya menyisakan Makassar, Gowa, Sinjai dan Luwu.

“Jika konsolidasi kekuatan dengan memanfaatkan kelebihan dua partai ini berhasil dijalankan dengan baik, maka koalisi Golkar dan NasDem di Pilgub Sulsel 2018 akan sangat kuat,” kata Ketua NasDem Luwu Timur ini.

Meski rekomendasi baru akan diserahkan 14 September mendatang, komunikasi informal antarkader sudah berjalan intens. Di Black Canyon Cafe, Jalan Hertasning, Minggu malam lalu, Irwan bersama dengan Plt Ketua Golkar Palopo, Armin Mustamin Toputiri serta Wasek DPD I Golkar Sulsel, Irwan Kurniawan berdiskusi mendalam seputar langkah pemenangan. (rls)

To Top