Dapil di Pileg 2019 Berpotensi Bertambah – Radar Selatan

Radar Selatan

Hiburan

Dapil di Pileg 2019 Berpotensi Bertambah

ilustrasi (int)

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Jumlah daerah pemilihan di Pemilu 2019 mendatang dapat bertambah jika ada perubahan angka ambang batas alokasi kursi, atau district Magitude. Itu setelah ada penetapan terbaru UU Pemilihan Umum.

Seperti diketahui saat ini untuk Bulukumba, pada Pileg lalu ada empat Daerah Pemilihan (Dapil) meliputi Dapil I, Gantarang dan Kindang,  dengan jumlah 10 Kursi, Dapil II, Bulukumpa dan Rilau Ale, dengan jumlah 9 Kursi,  Dapil III, Herlang, Kajang dan Bonto Tiro, dengan 10 kursi, setta  Dapil IV, Kecamatan Ujungbulu, Ujungloe dan Bonto Bahari, dengan 11 kursi di DPRD.

Menurut Komisioner KPU Bulukumba, Hasanuddin Salassa, jumlah dapil di Pileg 2019 mendatang bisa saja meningkat dari empat menjadi lima daerah pemilihan. Meski saat ini aturan tersebut belum ditetapkan, namun berdasarkan revisi UU Nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan umum, memungkinkan terjadinya penambahan daerah pemilihan.

“Dulu (district magnitude) 3-12 kursi setiap dapil, kemudian diusulkan dilakukan perubahan menjadi 3-10 saja setiap dapil. Artinya, jika terjadi perhitungan ulang maka akan bertambah. Tapi ini kan baru wacana belum menjadi ketetapan,”jelasnya, Kamis 14 September 2017.

Jika aturan tersebut diberlakukan pada pemilihan umum nantinya, lanjut Hasanuddin, maka secara kedekatan kultur dan geaografis, Kecamatan Bonto Tiro dan Kecamatan Bonto Bahari akan berada pada dapil yang sama. Sementara untuk jumlah kursi kemungkinan tidak akan berubaah yaitu 40 kursi.

“Ini hanya berandai andai saja yah, jadi  bisa saja kemungkinanya itu di Dapil IV yang saat ini ada 11 kursi, Bonto Bahari akan satu dapil dengan Bonto Tiro karena kesamaan kultur dan kedekatan geografis,”jelasnya.

Terpisah, Anggota DPRD Bulukumba, asal Dapil III, Herlang, Kajang dan Bontotiro, H Muh Tamrin mengaku tidak mempersoalkan jika pada Pileg mendatang Bonto Tiro masuk dalam penambahan jumlah dapil. Bahkan menurut dia, dengan adanya penambahan dapil akan mempermudah para Caleg nantinya dalam melakukan sosialisasi, termasuk akan lebih mempermudah dalam akselerasi dan pemerataan pembangunan.

“Yang terpenting nantinya kami berharap agar objektif pada saat pembagian jumlah kursi di setiap dapil. Saya kira wacana ini lebih bagus lagi. Lagian secara kultur Bonto Bahari dan Bonto Tiro itu hampir sama, begitu juga dengan Ujungbulu dan Ujungloe,”tuturnya. (Faj)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!