DPP PAN ke NA, Kahfi: Catat! Saya akan ke IYL-Cakka – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Politik

DPP PAN ke NA, Kahfi: Catat! Saya akan ke IYL-Cakka

MAKASSAR, RADARSELATAN.CO.ID — Dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) kepada bakal calon pasangan Ichsan Yasin Limpo dengan Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) di Pilgub Sulsel 2018 mendatang, rupanya berubah.

Hal itu diklaim Ketua POK DPP PAN, Yandri Susanto. Dia membenarkan dari awal dukungan PAN diserahkan kepada IYL. Akan tetapi, adik Gubernur Sulsel itu tidak bisa mencukupkan koalisi sehingga, dukungannya itu beralih ke Nurdin Abdullah.

“Kita memang memberikan kepada pak Ichsan. Hanya kita ketahui bahwa PAN hanya memiliki sembilan kursi, mestinya cukup sampai 17 sebagai syarat di KPU,” kata Yandri, seperti yang dikutip di FAJARONLINE.COM, Rabu, 20 September.

Anggota DPR RI ini bilang, Ichsan tidak mampu mencukupi koalisi partai. Sehingga PAN mengalihkan dukungannya kepada kandidat lain. “Faktanya Pak Ichsan tidak cukup untuk melengkapi koalisi. Sampai hari ini belum dapat, jadi PAN juga melakukan komunikasi,PAN tidak mau tersandera,” katanya.

Meski berada di Jakarta, kata dia, bukan berarti tidak mengontrol perkembangan di Pilgub Sulsel. Komunikasi lintas partai dilakukan sama-sama di tingkat DPP.
“DPP PAN juga di sini komunikasi dengan partai lain, arahnya koalisi ke mana dan sebagainya,” jelasnya.

Karena tidak ada progres tampak oleh DPP, dukungan itu diberikan kepada Nurdin Abdullah atau lekat sapaan Pak Prof itu. “Sampai sekarang pak Ichsan, kami melihat belum punya partai koalisi, sehingga kita berikan kepada calon lain yang kita usung itu adalah Nurdin Abdullah,” tegasnya.

Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi tak menampik adanya kekuatan besar yang ingin menghadang IYL mendapat usungan parpol maju di Pilgub.

Hanya saja, menurut Kahfi partainya memastikan diri tetap berada di garda terdepan mendukung dan mengusung IYL-Cakka di kontestasi sekali lima tahunan tersebut.

“Catat! Kalau DPP PAN ke kandidat lain saya akan ke IYL-Cakka,” tegas Kahfi.

Dia mengaku sikap yang ditunjukkannya itu bukan tanpa alasan. Sebab, sejumlah lembaga survei menyebut pasangan IYL-Cakka punya peluang besar memenangkan Pilgub 2018.

“Ini bukan soal partai. Ini adalah komitmen saya sejak awal,” kata politikus senior PAN ini. (fjr)

To Top