KPU Bulukumba, Gelar Workshop Pemilu 2019 – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

KPU Bulukumba, Gelar Workshop Pemilu 2019

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Dalam rangka meningkatkan kualitas pemilihan umum. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bulukumba, akan menggelar Workshop sosialisasi penyelenggaraan pemilu tahun 2019. Di Hotel Agri Rabu 20 September 2017.

Dalam acara itu, Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali diwakili Asisten I Bulukumba, A Syamsul Muhayyat membuka acara tersebut secara resmi, dalam sambutannya mengatakan lahirnya UU Pemilu yang terbaru memberikan nuansa tersendiri pada penyelenggaran Pemilu nantinya, sehingga semua pihak harus memahami prespektif hukum dan menyamakan regulasi dalam perbaikan tatanan demokrasi.

 

“Kegiatan ini Sangat penting dan stregis dalam upaya mendukung terselenggaranya pemilihan umum yang lebih berkualitas dna menciptakan demokrasi yang mencerminkan kualitas politik. Keberhasilan pemilu tidak hanya dibebenakan kepada KPU tapi peran elemen masyarakat juga memiliki peran strategis,”tutupnya.

 

Ketua KPU Bulukumba, H Azikin Patteduri mengatakan, digelarnya workshop dalam rangka menyamakan presepsi khususnya memahami UU pemilu dalam penerapannya.

“Prespektif kita harus samakan dalam pemilu nantinya. Masyarakat awam sekarang menilainya suksesnya pemilu adalah tugas KPU. Padahal tanggunjawabnya adalah semua pihak, kita hanya penyelenggara. Nah prespsi ini kita bangun dengan agenda workshop ini, makanya semua perwakilan lembaga yang hadir mampu berdialog dan memberikan masukan “harapnya.

 

 

Workshop penyelenggaraan pemilu tersebut mengundang sejumlah pimpinan lembaga. Tujuanya untuk meminta tanggapan dan saran dalam rangka meningkatkan kualitas pemilihan umum yang akan diselenggarakan beberapa waktu mendatang.

 

 

Komisioner KPU Bulukumba, Hasanuddin Salassa, mengatakan workshop sosialisasi penyelenggaraan pemilu yang akan dilaksanakan tersebut merupakan pirintah UU dan KPU RI. Dilibatkanya sejumlah pimpinan lembaga merupakan bagian trasfaransi dan komitmen KPU dalam melibatkan seluruh stakeholder dalam peingkatan kualitas pemilu.

 

“Yang kita undang para ketua ketua. Mulai dari ketua partai, Panwas, KIPP, kepemudaan, kampus, media dan lembaga kemahasiswaan,”jelasnya.

 

Model workshop tersebut, Secara panel, para narasumber bergantian memberikan materi. Faizal Amir yang merupakan anggota KPU Sulsel akan membawakan materi soal tahapan penyelenggaraan pemilu 2019. Komisioner KPU Sulsel, Khairul Mannan yang membahas soal Sengketa , Perselisihan Hasil Pemilu dan Tindak Pidana Pemilu. Selain itu pihaknya juga menghadirkan praktisi hukum untuk membahas persfektif hukum penyelenggaran pemilu.

 

“Termasuk kami dari KPU Bulukumba, menghadirkan pembicara yang akan membahas soal perkembangan dan problematika sistem pemilu Indonesia. Kami berharap dengan terselenggara dan keterlibatan banyak pihak dalam workshop ini mampu melahirkan rekomendasi dan masukan terhadap penyelenggara,”pungkasya. (Faj)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!