Radar Selatan Wakili Pulau Sulawesi, Dalam Rapat Koordinasi Nasional JKN-KIS, Berikut Daftar Nama Media yang Hadir – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Radar Selatan Wakili Pulau Sulawesi, Dalam Rapat Koordinasi Nasional JKN-KIS, Berikut Daftar Nama Media yang Hadir

Foto bersama puluham Jurnalis peserta konsultasi nasional JKN-KIS di Jogjakarta

JOGJAKARTA, RADAR SELATAN– Dalam rangka memaksimalkan penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional,  Selasa, 26 September 2017. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bekerjasama dengan  Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan (Pusat KPMAK) Fakultas Kedokteran UGM dan  Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH, menggelar konsultasi nasional dengan menghadirkan puluhan madia se Indonesia, di Hotel Tentrem, Provinsi Daerah Istemewa Jogjakarta.

Dalam acara itu, Harian Radar Selatan, merupakan  satu dari tiga media yang mewakili Pulau Sulawesi untuk hadir pada rapat koordinasi nasional JKN-KIS.

Ketua PWI DIY, Sehono ST dalam sambutanya mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan yang berskala nasional tersebut. Alasanya, dengan konsultasi nasional yang melibatkan sejumlah media yang tersebar di seluruh Indonesia, mampu meningkatkan kualitas penulisan para jurnalis, khsusunya soal penyelenggaraan jaminan sosial dalam hal ini BPJS Kesehatan. Secara pribadi ia juga mengungkapkan kebaikan yang didapatkan setelah ikut kepesertaan BPJS, karena dapat  mencover biaya kesehatan.

“Semoga dengan kegiatan ini produk jurnalis lebih berkualitas lagi. Khususnya berimbang dalam memberitakan penyelenggaraan BPJS kesehatan dan KIS. Dengan gaji saya yang Rp6 juta/perbulan tentu ketika saya sakit atau keluarga, pasti akan kewalahan menyiapkan dana , andai saya tidak ikut BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Sekretaris Eksekutif Pusat KP-MAK Fakuktas Kesehatan (FK) UGM, Dr Diah Usman Galih, mengaku berbangga menjadi tuan rumah penyelenggaraan konsultasi nasional yang dihadiri puluhan media yang tersebar diseluruh pulau besar di Indonesia. Menurutnya dengan kehadiran para perwakilan media telah menunjukkan komitmennya dalam berkontribusi atas terselenggeranya layanan kesehatan yang lebih baik lagi untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Bapak-ibu (Wartawan,red) adalah garda terdepan dalam menyajikan dan memberikan infotmasi kepada masyarakat. Paling tidak kita yang hadir ini adalah bagian terkecil penggerak perubahan yang lebih baik lagi untuk bangsa ini,”katanya.

Terpisah, Rakhmat Fajar mewakili Radar Selatan, patut berbangga, menurutnya dari banyaknya media yang berada di Pulau Sulawesi, khususnya. Radar Selatan adalah salah satu media yang diundang untuk hadir dalam konsultasi nasional dalam rangka memberikan saran dan penyamaan presepsi terhadap penyelenggaraan jaminan kesehatan. Diakuinya dengan digelarnya acara tersebut, membuat pihaknya lebih paham atas batasan dan tupoksi kerja JKN dan BPJS. Lajut, Fajar dalam pertemuan itu sejumlah hal disampikan terkait penyelenggaraan layanan kesehatan, khususunya yang berada di Bulukumba, diantaranya terkait masih ditemukannya kasus adanya pasien yang dikenakan pembayaran meski menjadi peserta BPJS kesehatan, selain itu terkait masa aktivasi kartu BPJS yang baru bisa di akses 14 hari setelah mendaftarkan diri. Hal lainnya yang didapatkan para peserta, soal JKN dan BPJS adalah dua hal yang berbeda, dimana JKN adalah program kesehatan dan BPJS adalah lembaga yang menjalankan atau menyelenggarakan program jaminan kesehatan nasional.

“Selama ini yang kita pahami jika ada layanan yang tidak bagus, kita salahkan BPJS. Padahal ternyata, BPJS hanyalah penyelenggara program yang diamanahkan UU dan negara melalui JKN. Nah program ini diawasi oleh Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), jadi kalau banyak masalah dan tidak maksimalnya layanan BPJS, warga bisa mempertanyakan ke Dewan Jaminan Kesehatan duku, sejauh mana pengawasannya. Makanya saya sarankan agar DJSN ini juga ada perwakilannya di daerah,”harapnya.

Daftar Media Konsultasi Nasional JKN-KIS

Jakarta

1. Kompas, Jakarta
2. Tempo, Jakarta
3. Media Indonesia, Jakarta
4. Sindo, Jakarta
5. Harian Merdeka, Jakarta
6. LKBN Antara, Jakarta
7. Suara Pembaharuan, Jakarta
8. Republika, Jakarta

Pulau Sumatera

1. Tribun News, Aceh
2. Serambi, Aceh
3. Tribun, Medan
4. Harian Waspada, Medan

Pulau Sulawesi

1. Tribun Manado
2. Radar Selatan
3. Fajar Online

Pulau Kalimantan

1. Kaltim Pos
2. Banjarmasin Pos

Pulau Jawa

1. Solo Pos, Solo
2. Suara Merdeka, Semarang
3. Radar Banyumas
4. Surabaya Pos
5. Jawa Pos, Surabaya
6. Radar Surabaya
7. Radar Madiun
8. Radar Bandung
9. Pikiran Rakyat, Bandung
10. Bernas, Yogyakarta
11. Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta
12. PWI, Yogyakarta
13. AJI, Yogyakarta

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!