Info: E-KTP Berlaku Seumur Hidup  – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Info: E-KTP Berlaku Seumur Hidup 

Andi Sukmawati

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 470/296/SJ per tanggal 29 Januari 2017 menerangkan bahwa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) berlaku seumur hidup.

Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba, Andi Sukmawati Akbar mengatakan, surat edaran tersebut dalam tahap sosialisasi lantaran masih banyak masyarakat yang keliru bahwa E-KTP itu tidak berlaku seumur hidup.

Hanya saja kata dia, E-KTP yang diterbitkan sebelumnya memang tertera masa berlaku akan tetapi bisa diperbaharui kembali melalui perekaman. “E-KTP tidak usah diganti hanya secara teknis pihak yang bersangkutan melakukan sidik jari atau perekaman untuk aktifasi kembali,” kata Sukmawati, Selasa, 3 Oktober 2017.

Kecuali kata dia, pihak yang bersangkutan melakukan perubahan atau elemen data termasuk status perkawinan, status pendidikan dan pindah domisili. Untuk itu pihaknya juga telah menyampaikan surat edaran ini terhadap seluruh lembaga pelayanan baik pemerintah dan non pemerintah.

“Jadi jangan lagi ada masyarakat yang beranggapan bahwa E-KTP itu masih diperpanjang, akan tetapi sudah berlaku seumur hidup,” tutupnya. (nin/wan/B)

To Top