SMAN 6 Optimis Pertahankan Juara Umum – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

SMAN 6 Optimis Pertahankan Juara Umum

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID —  SMAN 6 Bulukumba, optimis akan tetap mempertahankan gelar juara umum yang sebelumnya diraih pada perhelatan Jambore Jurnalistik III yang akan diselenggarakan pada Kamis 19 Oktober 2017 mendatang di Bumi Perkemahan Bicari Desa  Palambarae, Kecamatan Gantarang.

Kepala Sekolah SMAN 6 Bulukumba, Agus Sulthan mengatakan, sejumlah persiapan terus dilakukan pihaknya khususnya para kontingen yang nantinya akan ikut dalam perhelatan Jambore Jurnalistik III Radar Selatan. Bahkan untuk bisa memboyong kembali piala bergilir juara umum tersebut, pihaknya memberikan latihan khusus pada sore hari bagi kontingen dibawah kontrol pembina untuk terus berlatih. Hal itu menjadi penting, mengigat pada JJ III kali ini memperlombakan Dai Pelajar dan Kaligrafi yang memang pada penyelenggaraan sebelumnya tidak diperlombakan.

“Pasti kami ikut lagi, kan kami (SMA N 6,red) juara umum di JJ II. Dan insya Allah kami optimis bisa mempertahankan status juara umum di JJ III. Piala bergilirnya nanti akan tetap kembali ke SMA 6,”ujarnya. Selasa 10 Oktober 2017.

Agus menambahkan, kegeiatan Jambore Jurnalistik III menjadi bagian kegiatan ekstra yang sangat penting diikuti sekolah khususnya tingkat SMA. Pasalnya selain memberikan pengetahuan tentang dunia jurnalistik, juga akan menumbukan semangat demokrasi para siswa sesuai dengan tema “Peran Pelajar Dalam Membangun Demokrasi”. “Ini sangat bagus karena mengajari siswa untuk tidak melek demokrasi. Pemuda adalah penerus bangsa ini, sedini mungkin harus paham soal tugas dan kewajiban sebagai warga Indonesia dan hak demokrasi,”tambahnya.

Ketua Panitia Jambore Jurnalistik III, Rakhmat Fajar menjelaskan, sejumlah persiapan terus dilakukan pihaknya termasuk berkoordinasi dengan sekolah dan dinas terkait. Alhasil, semenjak dibuka pendaftaran pada dua pekan lalu, telah ada belasan sekolah yang menyatakan siap berpartisipasi dalam perkemahan jurnalistik kali ini. Diakuinya jumlah peserta akan terus bertambah mengigat penyelenggaraan yang masih sekitar dua minggu lagi.

“Sudah puluhan  sekolah yang menyatakan siap untuk ikut kegiatan JJ ke III ini. Kami juga berterima kasih atas dukungan Pemerintah Desa Palambarae yang memyatakan siap sebagai tuan rumah,”jelasnya.

Diakuinya, untuk jambore jurnalistik ke III, ini konsepnya cukup berbeda dengan sebelumnya, dimana pada JJ kali ini akan melibatkan KPU mengigat tema yang diusung terkait peran pelajar dalam membangun demokrasi. Hal ini menjadi penting, karena para siswa khsusunya dari SMA/MA sederajat adalah calon pemilih pemula yang nantinya akan menggunakan hak demokrasinya di beberaa suksesi pemilu. Fajar menambahkan, selain itu pada kegiatan nantinya akan lmmenghadirkan kegiatan keagamaan seperti lomba Dai dan Kaligrafi, dimana memang pada perhelatan sebelumnya belum diperlombakan.

“Ini merupakan bentuk penguatan perda keagamaan yang dilakukan Radar Selatan, jadi ada beberapa poin yang ingin kita capai pada jambore kali ini, pertama soal membina akhlatul karimah peserta, kedua membangun semangat demokrasi siswa sejak dini,”pungkasnya.

Sekedar menginformasikan, pada Jambore Jurnalistik II 2016 lalu, Kontingen SMPN 1 Bulukumba  sukses mempertahankan gelar sebagai Juara Umum I tingkat SMP. Sedang  Kontingen SMAN 6 Bulukumba sukses membawa pulang Piala Bergilir setelah berhasil mengumpulkan poin tertinggi, mengalahkan SMAN 1 dan SMAN 8 di ajang Jambore Jurnalistik II tahun 2016 lalu. (Faj)

To Top