Soal Pengangkatan Raja Palio, Ratusan Warga Akan Geruduk DPRD – RADAR SELATAN

RADAR SELATAN

Bulukumba

Soal Pengangkatan Raja Palio, Ratusan Warga Akan Geruduk DPRD

ilustrasi (int)
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Ratusan warga dari Desa Benteng Palioi, Desa Somba Palio,  Desa Bonto Nyeleng, dan Desa Bonto Sungguh,  berencana akan menggelar aksi di Kantor DPRD Bulukumba, Kamis 12 Oktober 2017 mendatang. Mereka menuntut agar pengangkatan Raja Sombayya Palioi dan  pembangunan rumah adat di Taccorong dibatalkan.
Hal itu disampaikan, Adi tokoh pemuda yang juga warga Desa Benteng Palioi, menurutnya proses pengangkatan raja palioi dilakukan secara sepihak tanpa persetujuan dari pemangku adat sombayya. Belum lagi raja yang diangkat silsilah keturunannya belum jelas sehingga dianggap sangat penting dilakukan pengkajian ulang. Tidak hanya itu pihaknya juga mendesak agar pembangunan rumah adat Sombaiyya Palioi di Desa Taccorong untuk sementara dihentikan.
“Kita akan gelar aksi kalau perlu kita akan duduki DPRD sampai tuntutan kami dipenuhi, yaitu difasilitasi untuk bertemu dengan pihak yang mengklaim dirinya raja dan dinas terkait yang memfasilitasi dibangunnya rumah adat di Taccorong.
Abu Nawas Warga Desa Bonto Sungguh, menambahkan pengkajian ulang atas pengklaiman raja sombayya Palioi harus dilakukan agar tidak terjadi kesalahan sejarah serta  menjaga kemurnian silsilah keturunan keluarga Sombayya. Hal lainnya adalah untuk menjaga kondusifitas warga yang berada di wilayah sombayya Palioi. Pasalnya, sejumlah tokoh masyarakat khususnya para pemangku adat di sombayya, merasa tidak pernah dilibatkan dalam musyawarah pengangkatan raja sombayya.
“Tidak gampang mengangkat raja. Harus ditahu dulu silsilahnya dan ada atura  adat yang mengatur itu. Pemerintah tidak boleh terlalu jauh mengintervensi itu, tapi cukup memfasilitasi saja. Warga yang berada di Palioi dan beberapa warga yang berada di bawah kerajaan sombayya Palioi tentu berhak mempertanyakan itu,”jelasnya.
Terpisah, Ketua DPRD Bulukumba, H Andi Hamzah Pangki, mengatakan, pihaknya akan segera melakukan peninjauan lokasi pembangunan rumah adat serta akan memfasilitasi atas pengangkatan raja sombayya Palioi. ” Kami sudah tugasi komisi A  untuk turun terkait hal itu. Hasilnya akan kami sampaikan nanti,”katanya.(faj)
To Top