Rusak Ekosistem Sungai, Warga Disanksi  – Radar Selatan

Radar Selatan

Ragam

Rusak Ekosistem Sungai, Warga Disanksi 

TABUR BENIH. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba, Alfian Mallihungan (keempat dari kiri) didampingi Kepala Desa Benteng Malewang, Amiruddin, berfoto bersama pada pelepasan bibit ikan air tawar di sungai desa setempat belum lama ini. Program tersebut sebagai upaya untuk tetap mejaga kelestarian dan ekosistem sungai.
* Pemdes Benteng Malewang Tabur Benih Ikan
GANTARANG,RADAR SELATAN — Pemerintah Desa Benteng Malewang, Kecamatan Gantarang, berupaya menjaga kelestarian sungainya. Salah satunya dengan memberikan sanksi tegas kepada siapapun yang melakukan aktivitas yang dapat merusak ekosistem sungai.
Kepala Desa Benteng Malewang, Amiruddin HR mengungkapkan, langkah tersebut diambil untuk tetap menjaga kemurnian air sungai yang selama ini menjadi sumber kehidupan masyarakat desa setempat. Bahkan pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba untuk menabur benih ikan air tawar di sungai.
“Ini merupakan program kami di desa sekaligus sebagai salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan habitat ikan di sungai, karena sejauh ini habitat ikan sudah mulai berkurang bahkan tidak ada,” ungkapnya dihubungi Minggu 15 Oktober.
Dengan budi daya ikan air tawar tersebut, Amiruddin berharap ekosistem sungai dapat terjaga dan akan menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat desa setempat. Namun dia juga mengimbau agar warga tidak melakukan pengangkapan ikan dengan menggunakan alat atau bahan yang berbahaya, seperti racun, alat setrum, dan lainnya.
“Sebagai sikap tegas pemerintah desa, kami menyiapkan sanksi jika ada masyarakat yang melakukan hal-hal yang tidak sesuai aturan, salah satunya dengan menyita alat tangkap yang dianggap berbahaya dan denda bagi yang menggunakan racun. Karena ini berbahaya, bukan hanya untuk pribadinya tapi juga orang lain,” tegasnya. (ria/man/b)
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!