Buruan Daftar! Trip Pinisi Berhadiah Mobil – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Buruan Daftar! Trip Pinisi Berhadiah Mobil

* Agenda Festival Pinisi 2017
BULUKUMBA,RADAR SELATAN.CO.ID  — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba melalui Dinas Periwisata kembali menghelat Festival Pinisi 2017. Event tahunan ini akan dirmaikan ratusan kapal yang akan berlayar dari Pelabuhan Leppe’e menuju Tanjung Bira.
Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Muh. Ali Saleng mengatakan, pelaksanaan Festival Pinisi 2017 memiliki nuansa berbeda dengan tahun-tehun sebelumnya yang hanya diramaikan acara seremonial dan tarian tradisional. Tahun ini, sejumlah agenda kegiatan lebih kepada mengangkta nilai sejarah dan kearifan lokal.
“Salah satunya trip ribuan kapal yang berlayar dari Pelabuhan Leppe’e menuju Tanjung Bira. Kita mengundang tidak hanya pelaut lokal saja, tapi juga dari seantero Sulawesi Selatan. Hadiah utamanya mobil, ada juga motor dan hadiah menarik lainnya,” ungkapnya.
Ali menjelaskan kapal-kapal yang menjadi peserta trip memiliki kriteria, seperti memiliki layar dengan kapasitas mesin 15 GT. Dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan lomba memancing ikan berkelompok, satu kelompok beranggotakan tujuh orang. Syaratnya ikan yang dipancing tidak boleh jenis ikan yang dilindungi seperti napoleon dan hiu.
“Lokasi pemancingan itu di sekitar perairan Bira, jadi sebelum berlabuh di Pantai Bira ada lomba memancing. Pemenangnya ditentukan dari berat ikan yang ditangkap. Ini juga sekaligus sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat khususnya nelayan terkait etika atau aturan menangkap ikan di laut. Paling tidak masyarakat tahu bagaimana menghargai alam,” ujarnya.
Kegiatan lainnya, lanjut Ali, pada Festival Pinisi juga akan tampilkan prosesi peluncuran Perahu Pinisi yaitu ritual “anynyorong lopi” di Pantai Panrangluhu yang lokasinya tak jauh dari dermaga Pelabuhan Bira. Selain itu juga akan ditampilkan ritua adat Kajang yaitu “addingingi”, “attunu panroli”, dan tari “pabbitte passapu”.
“Ritual-ritual adat ini sengaja kami agendakan untuk melestarikan adat istiadat Kajang yang mungkin sudah jarang diketahui masyarakat. Sekaligus menambah daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara. Kita agendakan mulai tanggal 2 sampai 4 November 2017, yang pasti akan lebih menarik,” ucap mantan sekertaris DPRD Bulukumba itu.
Anggota DPRD Bulukumba, Fahidin HDK, mengaku sangat mengapresi dan mendukung penuh pelaksanaan Festival Pinisi 2017. Apalagi menurutnya dengan banyaknya agenda yang lebih mengangkat kearifan lokal diharapkan akan menghidupkan kembali budaya lokal yang kian tergerus zaman.
“Paling tidak Festival Pinisi ini bisa kembali mengangkat budaya dan sejarah Bulukumba secara nasional bahkan dunia. Tentunya ini akan berimbas pada peningkatan kunjungan wisata di Bulukumba,” kuncinya.
Festival Pinisi ke-8 tahun ini dilaksanakan Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba bekerja sama dengan Gibrano Production sebagai event organizer (EO). Pendaftaran dibuka hingga tanggal 1 November 2017. Untuk pendaftaran kapal dapat menghubungi LO kegiatan di nomor 085395445818 atau WatsApp 085240730210.(awa/man/b)
—-
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!