Warga Lonrong Gotong Royong Basmi Babi Hutan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Warga Lonrong Gotong Royong Basmi Babi Hutan

BASMI HAMA. Kepala Desa Lonrong, Kecamatan Ujungloe, Fahri Jalil bersama anggotan babinsa dan masyarakat memperlihatkan salah seekor babi hutan yang berhasil ditangkap, Minggu 22 Oktober kemairn. Babi hutan menjadi hama pengganggu tanaman warga setempat. (Sumber: Dok. Pemdes Ujungloe).

UJUNGLOE, RADAR SELATAN — Kekompakan pemerintah dan masyrakat Desa Lonrong, Kecamatan Ujungloe, patut diacungi jempol. Mereka bergotong royong membasmi babi hutan yang dianggap sebagai hama tanaman.

Diinisiasi Kepala Desa, Fahri Jalil dan dibantu babinsa setempat, warga melalukan perburuan babi hutan. Kegiatan tersebut sebagai respons atas banyaknya laporan warga khususnya petani yang mengaku tanamananya rusak akibat babi hutan.
“Kegiatan tersebut kami lakukan hari Minggu kemarin, dan ada sekira 70 orang warga yang ikut,” Ungkap Kepala Desa Lonrong, Fahri Jalil, Senin 23 Oktober.
Hasil perburuan tersebut sedikitnya delapan ekor babi hutan berhasil ditangkap dengan menggunakan tenaga anjing. “Kebetulan ada teman di Desa Tamaona, (Kecamatan Kindang) yang memilik anjing dan cukup terlatih dan biasa digunakan untuk berburuh babi,” jelasnya.
Selain itu lanjut Fahri, hama babi hutang tersebut memang cukup meresahkan petani, karena merusak tanaman bahkan biasanya bersarang di tengah sawah. “Petani banyak mengalami kerugian karena hama babi, banyak sawah yang rusak belum lagi tanaman yang juga dirusak,” tuturnya.
Menurut Fahri, pemerintah desa telah mengandekan pembasmian babi hutan secara rutin setiap hari Minggu. Kegiatan tersebut akan terus dilakukan sampai hama babi benar-benar tidak ada di desa tersebut. (ria/man/b)
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!