Wow, Festival Pinisi Bakal Bertabur Bintang Dangdut – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Wow, Festival Pinisi Bakal Bertabur Bintang Dangdut

BULUKUMBA,RADAR SELATAN — Sejumlah pernyanyi ternama akan memeriakan Festival Pinisi 8 tahun 2017. Di antaranya meruakan jebolan ajag pencarian bakat dangdut Indonesia, Ati D’Academy dan Lidya KDI.
Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Ali Saleng mengatakan, pihaknya memilih Ati “Kodong” atas beberapa pertimbangan. Pertama penyanyi asal Kepulauan Selayar tersebut memiliki ikatan emosional dengan masyarakat Sulsel, khususnya Bulukumba. Kedua, selain memiliki suara emas, mantan juara D’Academi Indosiar tersebut juga mampu membius penontont dengan kelucuannya.
“Termasuk pertimbangan dari masyarakat. Kedekatan kultur dan budaya masyarakat Bulukumba juga jadi pertimbangan. Apalagi Ati fasih bahasa lokal, pasti semakin bagus dan meriah,” terangnya.
Begitupun dengan talent lainya, seperti Lidya, Ayu, dan Agus Ray yang merupakan jeblosan ajang pencari bakat KDI, ditambah kehebohan pembawa acara dari D’Juku, diyakini mampu menambah semarak event tahunan ini. Kegiatan sendiri akan dimulai pada tanggal 2 hingga 4 November 2017, dengan sejumlah agenda kegiatan.
Hari pertama diawali dengan trip perahu pinisi dan lomba memancing ikan yang dimulai dari Pelabuhan Leppe’e menuju Pantai Bira. Setiap kapal wajib memiliki layar sekalipun hanya berbentuk hiasan dengan kapasitas mesin 15 GT.
“Hadiah utamanya itu mobil dan hadiah tambahannya motor, televisi, alat pancing, alat navigasi dan radio kapal, handpohone, dan banyak hadiah hiburan lainnya. Biaya pendaftarannya itu Rp 1 juta per kapal. Pendaftarannya bisa langsung ke Dinas Pariwisata Bulukumba, atau ke EO-nya (event organizer) dinomor 085395445818,” jelas Ali.
Untuk acara budaya, diawali dengan ritual adat peluncuran Perahu Pinisi atau bahasa lokalnya di sebut Anyyorong Lopi di Tanah Beru, Kecamatan Bontobahari. Kemudian dilanjutkan ritual Addingingi Kampong di Kawasan Adat Tana Toa Kajang, tarian Pabitte Passapu, demostrasi tenun Kajang, serta ritual Attunu Panroli.
Di hari kedua, lanjut Ali, digelar Karnaval BergemBIRA dengan menampilkan seni budaya lokal 10 kecamatan dan Pinisi Expo yang akan menampilkan potensi daerah, mulai dari kerajinan tagan, kuliner lokal hingga industri kreatif dan hasil bumi.
“Hari terakhir 4 November akan ditutup dengan acara hiburan dengan menampilkan artis ibu kota seperti Ati Kodong dan lainya, serta jambore fotografi, festival layang-layang. Termasuk makan ikan massal atau Gemari, gerakan makan ikan,”  kuncinya.(awa
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!