Pamsimas Room 15 Gelar Rakor Mis Day – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Pamsimas Room 15 Gelar Rakor Mis Day

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS III), PAMSIMAS Bulukumba ROOM 15 menggelar rapat koordinasi dan Mis Day, di Cafe Grand 99, Senin 30 Oktober 2017.

FM-CD Pamsimas, Muh.Saedi Jalil mengatakan, bahwa program Pamsimas merupakan program nasional yang berkonsentrasi pada air minum dan sanitasi pada tahap perencanaan sampai pekerjaannya dilaksanakan oleh masyarakat, dan salah satu tujuan rakor dan  Mis day ini adalah, fasilitator  mempresentasikan progres kegiatan desa pelaksanaan 2017, desa perencanaan 2018, dan desa pasca sehingga seluruh komponen dapat mengetahui sejauh mana progres pendampingan tim fasilitator dilapangan.

 

“Program ini harus dikawal dengan baik dalam artian seluruh komponen yang terkait harus mengawal mulai dari perencanaan hingga pasca pekerjaan,  rapat yang menghadirkan  narasumber dari beberapa instansi,Dari Dinas  PMD,Dinas Tata Ruang Perumahan dan Cipta Karya,Pokja AMPL  (BAPPEDA), dan rapat yang di buka oleh SatKer PIP Kabupaten Bulukumba, Hj.Nuriyani,ST dalam  sambutannya sangat mengapresiasi pelaksanaan rakor & Mis Day tersebut,”ungkapnya, Senin 30 Oktober 2017.

 

Rakor yang setiap bulan dilakukan ini tentunya juga mendapat apresiasi dari PPK Pamsimas Bulukumba, Akhrar ST. menurutnya program Pamsimas betul-betul harus dikerjakan oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM), fasilitator hanya mendampingi sehingga jika program berhasil maka rasa memiliki itu ada.

“Terkait desa-desa pasca  pamsimas yang telah berfugsi dengan baik, diharapkan mampu menjadi salah satu target PAD artinya bisa diintegrasikan pada salah satu unit usaha BumDes. dan tinggal bagaimana mengatur pengelolaannya dengan baik, selanjutnya Desa yang berfungsi sebagian atau tidak berfungsi seluruhnya, fasilitator mampu mengadvokasi pemerintah desa untuk dapat mendorong penganggaran BDD,”tuturnya.

 

Diakhir acara, DC  Pamsimas Bulukumba, Rudi  Sanusi,ST  menghimbau kepada semua Fasilitator, baik FM-CD,FM-WSS,SF.Co.DC, agar kiranya dapat menjalin kerja sama yang baik sehingga apa yang menjadi target UA (Universal Akses) dalam hal pemenuhan air minum dan sanitasi dapat terealisasi hingga 2019. (sum)

—————————————–

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!