Rangkaian Festival Pinisi 2017, Dispar Buka Pendaftaran Mancing Mania  – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Rangkaian Festival Pinisi 2017, Dispar Buka Pendaftaran Mancing Mania 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba menambah satu agenda lagi kegiatan pada Fesival Pinisi ke-8 2017, yaitu lomba memancing. Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengampanyekan program gemar makan ikan (gemari) sekaligus sosialisasi jenis ikan yang dilindungi.
Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Muh. Ali Saleng mengungkapkan, lomba memancing atau mancing mania dibuka untuk mengakomodir permintaan masyarakat yang ingin turut meramaikan event akbar tersebut. Pasalnya, sebagian nelayan hanya memiliki kapal berkapasitas 14 GT ke bawah.
“Sebelumnya kan kita agendakan parade kapal Pinisi yang hadia utamanya mobil, tapi bobot mesinnya itu 15 GT ke atas dengan jumlah awak tujuh orang. Nah untuk mengakomodir perserta dengan kapal di bawah 15 GT, mulai 5 GT sampai 14 GT kita buka kategori baru, mancing mania hadiahnya motor. Ini hasil rapat bersama Dinas Perikanan dan stakeholder lainnya,” jelasnya.
Dijelaskannya, untuk kapal berkapasitas 15 GT ke atas akan bergabung pada kategori trip dari Pelabuhan Leppe’e ke Pantai Tanjung Bira. “Jadi agenda awalnya sebenarnya tidak ada lomba memancing, hanya trip berlayar saja. Tapi sekaligus mengisi kegiatan selama trip, tidak ada masalah kalau peserta mau memancing. Untuk pendaftarannya silahkan hubungi EO-nya di nomor 085395445818 atau WhatsApp 085240730210,” tambahnya.
Menurut Ali, yang terpenting dari kegiatan trip ini adalah, Pemkab Bulukumba ingin menujukkan kepada dunia bahwa Bulukumba merupakan daerah bahari yang kaya akan hasil laut. Dan yang paling terpenting adalah Bulukumba memiliki pelaut-pelaut yang andal dan tangguh sebagai bukti kejayaan pelaut Pinisi di masa lalu.
“Inti dari kegiatan ini sebenarnya kita ingin menunjukkan kepada dunia bahwa ketagguhan Pinisi masih jaya hingga sekarang ini. Begitupun pelaut-pelaut kita yang masih tetap eksis,” tegasnya.
Rencannya, trip kapal Pinisi dan mancing mania akan dilaksanakan pada tanggal 1 November mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian kegaitan lainnya budaya lainnya, seperti ritual adat peluncuran Perahu Pinisi atau bahasa lokalnya di sebut Anyyorong Lopi di Tanah Beru, Kecamatan Bontobahari.
Kemudian dilanjutkan ritual Addingingi Kampong di Kawasan Adat Tana Toa Kajang, tarian Pabitte Passapu, demostrasi tenun Kajang, serta ritual Attunu Panroli. Tanggal 3 November dilanjutkan Karnaval BergemBIRA dengan menampilkan seni budaya lokal 10 kecamatan dan Pinisi Expo yang akan menampilkan potensi daerah, mulai dari kerajinan tagan, kuliner lokal hingga industri kreatif dan hasil bumi.
“Hari terakhir 4 November akan ditutup dengan acara hiburan dengan menampilkan artis ibu kota seperti Ati Kodong dan lainya, serta jambore fotografi, festival layang-layang. Termasuk makan ikan massal atau Gemari, gerakan makan ikan,” kata Ali. (man)
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!