Integritas IYL-Cakka Jadi Pertimbangan Parpol – Radar Selatan

Radar Selatan

Politik

Integritas IYL-Cakka Jadi Pertimbangan Parpol

MAKASSAR, RADARSELATAN.CO.ID —Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) bisa melaju melalui dukungan partai politik, andai elit di pusat mempertimbangkan integritas dan hasil survei.

Pengamat politik asal Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Andi Luhur Priyanto, menganalisa, peluang IYL-Cakka untuk meraih rekomendasi belum habis. Bahkan, kali ini cukup terbuka.

“Itu karena survey IYL-Cakka yang cukup bagus. Kalau merujuk potret survey, posisi IYL tetap di posisi atas maka tawaran koalisi pengusung yang di bawa IYL-Cakka sepertinya lebih prospektif untuk kontestasi,” ulas Luhur, Rabu (1/11/2017).

Menurut Luhur, Demokrat adalah partai incaran utama IYL-Cakka untuk mencukupkan koalisi. Kata dia, Demokrat adalah kunci. “Demokrat menjadi penentu hadirnya kandidat ketiga di kontestasi Pilgub Sulsel ini,” paparnya.

Soal IYL-Cakka berpeluang diusung Demokrat, kembali Luhur mengiyakannya. Mengapa? Disinilah letak kekuatan IYL, menurut Luhur.

Kembali soal survey, menurut Luhur, tinggal apakah Demokrat menempatkan metode itu sebagai basis penentuan usungan ataukah lebih memberikan prioritas pada kader internal.

“Bisa juga memilih opsi IYL atau Cakka “dikaderkan” di Demokrat terlebih dahulu. IYL punya kans kendarai Demokrat,” tandasnya.

Sekadar diketahui, sejauh ini, baru PPP yang bisa dipastikan berada dibarisan IYL-Cakka. Sementara parpol yang tersisa, seperti Demokrat, belum mengumumkan siapa yang berhak mengendarai partai berlambang Mercy tersebut.

Ada beberapa kandidat yang punya kans di partai ini. Seperti Nurdin Halid, Nurdin Abdullah, Agus Arifin Nu’mang, Bro Rivai, serta Ichsan Yasin Limpo. (rls)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!