Bupati: Festival Pinisi Ajang Pembuktian Kepada Dunia – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Bupati: Festival Pinisi Ajang Pembuktian Kepada Dunia

* Akan Ditetapkan sebagai Warisan Dunia
BULUKUMBA,RADAR SELATAN.CO.ID — Kamis 2 November Hari ini, ratusan kapal akan memenuhui Pelabuhan Leppe’e, Kabupaten Bulukumba, sebagai rangkaian Festival Pinisi ke-8 Tahun 2017. Selain sebagai event kepariwisataan, festival tahunan ini juga sebagai pembuktian kepada dunia internasional eksistensi Kapal Pinisi yang sudah melegenda.
Hal ini diungkapkan Bupati Bulukumba, AM. Sukri Andi Sappewali saat membuka kegiatan festival layang-layang di Pantai Bira. Menurutnya, Kapal Pinisi bukan hanya kebanggan masyarakat Bulukumba, tapi Indonesia secara umum.
“Kita ingin membuktikan kepada dunia bahwa Bulukumba adalah tempat lahirnya Kapal Pinisi. Ini sebagai pembuktian bahwa Kapal Pinisi masih tetap eksis hingga sekarang ini,” terangnya.
Bahkan Sukri berharap, kapal legendaris masyarakat Bugis-Makassar ini segera ditetapkan sebagai warisan dunia. “Insyaallah Desember 2017 ini, Kapal Pinisi akan ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Unesco di Korea Selatan. Mohon doanya semoga warisan luhur nenek moyang kita tetap terjaga kelestariannya. Ini juga akan membawa manfaat positif bagi masyarakat Indonesia khususnya Bulukumba,” ujarnya.
Selain itu, lanjut Sukri, kedepan Festival Pinisi akan menjadi agenda kepariwisataan tahunan oleh Kementrian Pariwisata RI. Diharapkan, dengan begitu gaung pesta rakyat ini akan semakin mendunia.
“Kita ingin agar kegiatan ini bergaung hingga tingkat dunia. Selain itu, jadwal festival disesuaikan dengan masa liburan, sehingga jumlah pengunjung ke Bulukumba bisa maksimal,” harapnya. (*)
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!