Bulukumba Bakal Miliki Sekolah Penerbangan, Aksa Mahmud: Sulsel Harus Punya Pilot Lokal – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Bulukumba Bakal Miliki Sekolah Penerbangan, Aksa Mahmud: Sulsel Harus Punya Pilot Lokal

BULUKUMBA,RADAR SELATAN.CO.ID — Selain bandara pariwisata, Owner Bosowa Corp., Aksa Mahmud berencana mendirikan sekolah penerbangan di Kabupaten Bulukumba. Hal ini dimaksudkan agar untuk mencetak generasi Sulawesi Selatan khususnya Bulukumba yang ahli di bidang penerbangan.
Hal ini diungkapkan Aksa Mahmud saat meninjau lokasi yang diproyeksikan untuk pembangunan bandara pariwisata di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sabtu 4 November lalu. Menurut mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ini, sekolah penerbangan sangat penting untuk mencetak pilot profeisonal yang saat ini hampir dikuasai oleh warga asing.
“Nanti kalau bandara ini jadi, kita berencana akan buat sekolah penerbangan agar orang Sulawesi Selatan belajar (jadi pilot, red), jangan hanya orang luar (warga negara asing, red) saja,” ujar adik ipar Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla itu.
Saat ini lanjut Aksa Mahmud, lebih dari 4.000 pilot yang ada di Indonesia adalah warga negara asing, termasuk pesawat pribadi miliknya dikemudikan oleh pilot asing. Untuk itu masyarakat Sulsel harus ambil bagian dalam bidang penerbangan.
“Sayakan selalu berfikir empat generasi kedepan agar kedepanya tidak salah lagi. Generasi pendahulu kita selalu berfikir hanya satu generasi saja, untuk menjadi negara hebat harus berfikir empat generasi kedepan,” tegas dewan pembina Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) ini.
Owner Gibrano Production, Ashar Juraeje yang mendampingi Aksa Mahmud mengatakan, Bulukumba sudah selayaknya memiliki bandara. Selain sebagai daerah tujuan wisata, letak geografis Bulukumba yang berada di ujung selatan Sulsel sangat strategis untuk dibangun bandara yang nantinya akan mempermudah akses dari Indonesia bagian barat ke timur melalui jalur udara.
“Kita ingin melihat Bulukumba ini maju tidak hanya di sektor pariwisatanya tapi juga sumber daya manusianya. Makanya beliau Pak Aksa Mahmud saya ajak ke Bulukumba karena punya keinginan yang sama untuk memajukan Sulsel termasuk Bulukumba,” ujar putra asli Bulukumba ini yang juga menjabat sekretaris KKSS Bandung, Jawa Barat.
Menanggapi rencana tersebut, Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali menyambut baik rencana tersebut. Namun saat ini, kata dia, pemkab tengah fokus pada realisasi pembangunan bandara pariwisata. Setelah itu mulai melengkapi kebutuhan lainnya, termasuk sekolah penerbangan.
“Bagus, ini juga mendukung pembangunan Bulukumba,” singkatnya melalui akun WhatsApp-nya.
Senada, Kepala Dinas Perhubungan Bulukumba, A. Kurniady mengaku, pembangunan sekolah penerbangan tentu akan berdampak domino pada pembangunan di daerah. “Kita apresiasi Pak Aksa yang turut ingin mengembangkan Bulukumba. Semoga dengan adanya cita-cita pembangunan sekolah penerbangan di Bulukumba, bisa terealisasi yang tentu bandara juga harus terbangun,” ujarnya. (*)
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!