Tenaga Honorer Digodok jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Tenaga Honorer Digodok jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

SERAHKAN. Bupati Bulukumba AM. Sukri Sappewali menyerahkan santunan Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JKm) kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Jumat, 10 November 2017. 
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Khusus November tahun ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan membayarkan klaim atau santunan kepada pekerja sebanyak Rp 92.404.760.
“Khusus November ini ada tiga kasus atau santunan yang kami bayarkan, yakni JHT dan JKm untuk honorer Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) yang telah meninggal dunia sebesar Rp 24.350.000, JHT dan JKm Security Sulawesi Cotton Industry yang juga telah meninggal sebesar Rp 38.904.526 dan JHT untuk pensiunan PT Lonsum Palangisang Rp 29.150.244, ” jelas Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bulukumba, Salmiah Surya, Jumat, 10 November 2017.

Menurutnya, pembayaran santunan dilakukan pada bulan November saja, tetapi pada bulan Januari sampai dengan Oktober lalu, BPJS Ketenagakerjaan telah membayar santunan kepada 607 orang pekerja.

“Hanya saja untuk nominal atau jumlah dana yang kami bayarkan itu tidak bisa kami informasikan, yang jelas hampir setiap bulannya ada klaim dan rata-rata klaim itu sebanyak 20 sampai dengan 25 per minggunya,” terangnya.

Dengan adanya pembayaran santunan kepada pekerja tersebut, Salmiah Surya berharap, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan semakin meningkat.

“Karena bisa dibilang kepesertaan untuk BPJS Ketenagakerjaan itu masih sangat minim, masih banyak pemberi kerja yang tidak mendaftarkan karyawannya,” tuturnya.

Apalagi peserta BPJS Ketenagakerjaan dari Honorer khusus wilayah Bulukumba masih sangata minim, padahal tenaga honorer juga memiliki hak yang sama seperti karyawan lainnya.

“Ke depannya target kami adalah kepesertaan untuk tenaga honorer, kami berencana melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait,” tutupnya. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!