Bhabinkamtibmas Polsek Ujung Loe, Bekali Siswa Ilmu Bela Negara – Radar Selatan

Radar Selatan

Ragam

Bhabinkamtibmas Polsek Ujung Loe, Bekali Siswa Ilmu Bela Negara

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Puluhan siswa SMPN 11 Bulukumba diberikan pengetahuan Bela Negara dan Pertahanan Keamanan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Ujung Loe, Brigpol Nirsal, Sabtu, 11 November 2017.

Brigpol Nirsal berharap kegiatan yang dilaksanakan bersama siswa SMPN 11 Bulukumba itu diharapkan mampu menambah wawasan para siswa dan generasi muda dalam menguasai sistem pertahanan di Indonesia.

“Banyak hal yang dapat membantu siswa sebagai generasi penerus dalam pembekalan ini untuk menjadi warga yang lebih memahami berbagai informasi mengenai keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Brigpol Nirsal juga turut mengarahkan para generasi muda untuk terus bisa lebih menguasai mengenai sistem pertahanan nasional yang tercermin dalam sikap dan tingkah laku sehari-hari.

Dihadapan siswa Nirsal menjelaskan, bahwasannya Bela Negara merupakan sebuah konsep yang tersusun berdasarkan perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme warga dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut.

Secara fisik hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam.

Sedangkan secara non-fisik konsep bela negara dapat diartikan sebagai upaya untuk berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa tersebut.

Sementara Kapolsek Ujung Loe AKP Mulyoto mengatakan bahwa bimbingan konsep bela negara perlu disosialisasikan kepada para pelajar termasuk masyarakat umum lainnya.

Hal ini menurut dia akan berdampak kepada kesiapan masyarakat dalam menghadapi berbagai isu yang tengah terjadi di tanah air.

Apalagi dalam masa “peperangan” antar bangsa yang terjadi secara global saat ini perlu diberikan penguatan kapasitas serta sikap masyarakat dalam menghadapinya.

“Memang perang yang terjadi saat ini bukan langsung beradu fisik melainkan pertarungan secara cyber atau kemajuan teknologi yang menuntut sikap positif dalam menghadapinya,” katanya.

Untuk itu, tambahnya, perlu diciptakan sumberdaya nasional dalam memperkuat sistem pertahanan dari berbagai lini yang mengacu kepada peraturan yang ada untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut. (Adv-One/has/B)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!