Bupati Sinjai Tinjau Proyek Pembangunan Air Bersih – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Bupati Sinjai Tinjau Proyek Pembangunan Air Bersih

REPORTER: FIRMAN RMM
EDITOR: HASWANDI ASHARI

SINJAI, RADAR SELATAN.CO.ID  — Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali bersama anggota DPR RI Hamka B Kady meninjau pembangunan proyek-proyek bendungan dan air bersih di Kecamatan Bontosikuyu dan Kecamatan Bontomatene, Rabu, 8 November 2017.

Dalam peninjauan ini tampak hadir juga Suryadarma Hasyim dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, serta didampingi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Ismail, Kadis PU dan Penataan Ruang H. Odding Karim serta rombongan lainnya.

Terkait dengan hal tersebut, Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali mengemukan bahwa masalah air bersih menjadi salah satu perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Tugas kita adalah bagaimana kebutuhan dasar masyarakat bisa terpenuhi. Meski bertahap, namun saya berupaya agar 11 kecamatan di daerah ini mendapatkan prioritas yang sama akan kebutuhan air bersih,” kata Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali.

Sementara anggota DPR RI Komisi V Hamka B Kady dari fraksi Partai Golkar dapil I Sulsel yang membidangi Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengapresiasi atas teknologi yang diterapkan pada pembangunan sumur bor dan bak penampungan air di Unjuruyya, Desa Tanete, Kecamatan Bontometene yang menggunakan solar cell.

“Power untuk menggerakkan pompa air itu cukup besar. Sementara listrik yang ada di Selayar belum begitu memadai. Jadi ini memang sangat efesien dengan konsep yang diterapkan Kementerian PU yang menggunakan solar cell sebagai powernya,” puji Hamka B Kady.

Melihat kondisi Kabupaten Kepulauan Selayar yang terdiri dari 11 kecamatan, ia berharap di setiap kecamatan ada pembangunan proyek air bersih, khususnya pada 6 kecamatan daratan. Sementara untuk 5 kecamatan di kepulauan ia lebih fokus pada pembangunan teknologi penyulingan air laut menjadi tawar.

“Karena teknologinya sudah ada, maka tugas kita sekarang adalah mencari sumber-sumber air yang bisa digali, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Saya selaku anggota DPR RI akan terus memperjuangkan kebutuhan masyarakat akan air bersih,” kunci Hamka B Kady. (*)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!