Wow, Harga Vanili Tembus Rp 1 Juta Per Kilogram – Radar Selatan

Radar Selatan

Ragam

Wow, Harga Vanili Tembus Rp 1 Juta Per Kilogram

BULUKUMBA,RADAR SELATAN.CO.ID  — Petani vanili kini dapat bernafas lega. Betapa tidak, harga komoditi rempah ini berada dikisaran harga Rp 1 juta per kilogramnya. Padahal sebelumnya, harganya hanya dikisaran Rp 50 ribu per kilogram.
“Perkembangan harga terakhir di bulan November ini, untuk satu kilogram vanili kering dijual dengan harga Rp 1 juta,” ungkap salah seorang pedagang di Kecamatan Bulukumpa, Bulukumba, Nurwahidah.
Menurutnya, kenaikan harga tersebut dipicu minimnya produksi vanili. “Kurang sekali petani yang membudidayakan vanili, karena beberapa tahun yang lalu harga vanili sempat anjlok diangka Rp 50 ribu per kilogram. Makanya pada saat itu banyak petani yang beralih ke komoditi yang lain,” tuturnya.
Vanili sendiri merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat, misalnya bisa digunakan di industri makanan dan juga bisa dijadikan bahan obat. Jenis tanaman ini mampu tumbuh dibeberapa wilayah termasuk Bulukumba.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Bulukumba, Andi Cawa Miri menambahkan, lonjakan harga komoditi khususnya rempah merupakan hal yang wajar. Tidak hanya pada vanili saja, tapi juga komoditi lainnya.
“Itu sudah menjadi hukum pasar, saat permintaan banyak dan stok kurang maka tentu harga akan naik. Dan memang komoditi vanili masih kurang yang kembangkan,” tambahnya saat dikonfirmasi belum lama ini. (*).
———-
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!