dr Rizal, Anak TNI yang Tidak Pernah Bercita-cita Jadi Dokter, Begini Ceritanya!! – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

dr Rizal, Anak TNI yang Tidak Pernah Bercita-cita Jadi Dokter, Begini Ceritanya!!

dr H Rizal Ridwan Dappi, MKes, SpOG (K)

Tak salah jika Islam menempatkan kepatuhan dan kebaktian kepada orang tua sebagai salah satu ajaran dan amalan utama yang meski dilakukan. Banyak kisah anak manusia yang mampu meraih kesuksesan lantaran kebaktian dan mengikuti keiginan orang tuanya. dr Rizal, misalnya. Pria yang lahir 47 tahun lalu di Jakarta ini, sukses menjadi dokter dan menempatkan namanya sebagai dokter spesialis Obgyn di RSUD Sultan Daeng Radja, sekaligus pemilik Klinik Daffiku.

Laporan: Rakhmat Fajar
Lahir dan tumbuh layakanya anak pada umumnya, dr Rizal, hidup dalam lingkungan keluarga yang disiplin dan tegas. Betapa tidak, ayah dari tiga orang anak ini merupakan anak seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).  Hari-hari dimasa kecilnya kala itu, hingga menyadang gelar dokter spesialis kandungan, menjalani kehidupan bagai ala militer, Pasalnya, tak hanya urusan sholat khususnya Magrib, Isya dan Subuh, harus berjamaah. Hingga urusan cita-citanya pun, sang ayah masih saja tetap bersikeras untuk memenuhi keiginan sang orang tua untuk menjadi dokter.
Kepada Radar Selatan, dr H Rizal bercerita, jika profesi dirinya saat ini sebagai dokter yang juga menyandang status sfesialis Obgyn, merupakan keiginan sang ayah saat masih mengenyam bangku pendidikan. Ia mengaku tak pernah terbersik dalam pikiranya akan menjadi dokter melainkan ingin menempuh jurusan perhotelan. Karena tak ingin mengecewakan orang tua sebagai bentuk kebaktian kepada orang yang telah melahirkan dan membesarkannya itu. Niatnyapun yang ingin melanjutkan study jurusan perhotelan dikuburnya dalam-dalam. Akhirnya, iapun menyetujui keiginan orang tua dengan melanjutkan kuliah kedokteran umum di Fakuktas Kedokteran, Universitas HAngtuah,  Surabaya, kemudian dokter  spesialisnya di Universitas Hasanuddin,  lalu konsultan Obgyn  di Universitas Gajah Mada.
“Ini bentuk kebaktian dan kepatuhan kepada orang tua. Intinya tak ada nasihat dan saran orang tua yang salah. Andai mungkin saya tidak ikut nasihat orang tua, pencapaian saya tidak akan seperti ini,”katanya.
Suami dari dr Hj Ade Rahmy Sujutri ini, menceritakan, setelah berhasil menyandang gelar dokter ia ingin sekali merasakan kerja sebagai dokter PTT, tapi pada Saat Itu  ada peraturan yang memberikan kesempatan bagi sarjana kedokteran untuk Langsung menempuh pendidikan spesialis. Olehnya saat itu ayahnya   meminta dirinya untuk melanjutkan tes pendidikan dokter  spesialis dengan memilih spesialis anak atau kebidanan, yang diakuinya saat itu tidak sesuai dengan minatnya. Pasalnya,  saat itu ia berkeiginan untuk menempuh spesialis penyakit kulit. Lagi-lagi dr H Rizal, kembali memenuhi keiginan sang orang tua. Meski sempat drop lantaran sang ayah meninggal dunia, namun ia tetap optimis untuk terus melanjutkan pendidikan sfesialis kandungan yang disarankan oleh sang ayah.
” Jadi setiap ayah saya pulang dari kantor selalu mengecek apa anak-anaknya ada dirumah apa tidak, kalau kami belum pulang yah pasti dicari terus. Apalagi jika beliau tau kalau tidak ada jadwal kuliah atau kegiatan penting diluar yang diikuti anak-anaknya. .sampai saat ini saya  selalu berkeyakinan tidak ada orang tua dunia Ini yang tidak menginginkan yang terbaik buat anak-anaknya. Dan saya bisa membuktikan bahwa kepatuhan saya  bisa mewujudkan impian mereka  meskipun awalnya tidak pernah terlintas dalam benak saya  untuk menjadi  dokter spesialis kebidanan,”paparnya.
Meski keiginan dan cita-cita dari sang ayah telah ia penuhi, namun diakuinya, pemilik dari Klinik Daffiku ini, kerap dihinggapi rasa sedih lantaran pencapaiaannya saat ini belum sempat dilihat dan dirasakan oleh sang ayah. Meski demikian, berkat kepatuhannya yang terus menjalani impian sang ayah, sejumlah gelar kesehatan terus diraihnya, mulai di tahun 2012, dr H Rizal meraih gelar Megister di bidang manajemen Rumah Sakit dan pada tahun 2015, ia juga meraih gelar dokter konsultan di bidang Obstetri dan Ginekologi. “Pencapaian ini saya persembahkan buat orang tua dan untuk ibu hamil dan anak-anak di Bulukumba pada khususnya. Alhamdulillah sampai Saat Ini sudah  12 tahun saya bekerja di RSUD Bulukumba, saya sangat bersyukur bisa menolong ibu-ibu Saat persalinan  Itu menjadi suka dan kebahagiaan yang luar biasa,”katanya.
dr Rizal menambahkan, tak hanya soal profesi. Untuk menentukan calon pasangan hidupnya pun, ia tetap harus mengikuti keiginan sang orang tua yang juga harus dari kalangan dokter. Alasanya, profesi dokter adalah pekerjaan yang mulia karena mampu menolong seseorang dari penyakit ataupun masalah kesehatan yang dialaminya. Pilihan itupun tak salah, berkat mengikuti keiginan orang tuanya, kini bersama sang istri dr Rizal hidup bahagia dengan dikarunia  dua orang anak putra dan satu putri, buah cintanya dengan, dr Hj Ade Rahmy Sujutri, seorang dokter spesialis THT.  Terakhir dr Rizal, mengatakan puncak kebahagiaan atas profesi yang dijalani saat mampu menolong ibu dan anak lahir dengan selamat. Iapun terus bekerja sebaik mungkin dalam menyemangati seluruh petugas medis khususnya para bidan untuk profesional dalam menjalankan tugas. Khususnya, fokus pada program pemerintah daerah Bulukumba, dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak hingga zero angka.
“Sukanya itu bahagia dan  terharu melihat lahirnya bayi mungil calon-calon pemimpin bangsa. Dukanya kalo tidak bisa menyelamatkan ibu dan  bayinya, apalagi kalo menerima rujukan kasus persalinan yang di tolong oleh non nakes, terkadang sy berpikir kenapa masih ada persalinan non nakes padahal pemda kita sudah menyediakan faskes di setiap desa.

Biodata

Nama lengkap: dr H Rizal Ridwan Dappi, MKes, SpOG (K)
Istri: dr Hj Ade Rahmy Sujuthi, SpTHT MKes
Anak:
Muh Daffi Rizad Mubarak
Muh Raditya Rizad Mubarak
Alysha Ghaisani Rizad Mubarak
Pekerjaan dan Jabatan: PNS dokter spesialis obgyn, Ketua SMF Obgyn RSUD A sulthan Daeng Radja Bulukumba Dan Ketua Akreditasi RSUD A Sulthan Daeng Radja Bulukumba
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!