Bolang, Kopi Baru Warga Bulukumba – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Bolang, Kopi Baru Warga Bulukumba

BULUKUMBA,RADAR SELATAN.CO.ID  — Bagi anda penikmat kopi. Tidak lengkap terasa bila anda belum menikmati kopi Bolang, yang merupakan kopi khas warga Munte,Desa Sopobonto, Kecamatan Bulukumpa. Persilangan kopi Robusta dan Arabika menjadi inovasi dalam menciptakan rasa kopi yang lebih nikmat.

Owner Kopi Bolang, Muh. Irwan mengatakan, jika kopi saat ini bukan lagi minuman, namun sudah menjadi gaya hidup bagi penikmatnya. Dengan adanya trend tersebut, kini hadir  inovasi baru yaitu Kopi Bolang yang di cetuskan oleh pemuda Sapobonto Kecamatan Bulukumpa untuk mengangkat potensi daerah yang dinamakan Kopi Bolang, yang merupakan tanaman kopi Khas asli Munte Timur Desa Sapobonto.

” Jenis tanaman ini di dipadukan dengan sistem Sambung yaitu Robusta sebagai tanaman utama dan sebagi sambungan adalah Arabika sehingga tercipta penyatuan 2 jenis tanaman Kopi,” ujar Irwan.

Menurut Irwan, selain persilangan dua jenis kopi, yang membuat kopi Bolang semakin nikmat, dikarenakan masih menggunakan penyangraian biji kopi masih mempertahankan kearifan lokal, yaitu dengan sistem manual dan Alat tradisional. Bahkan penggunaan kayu bakar sangrainyapun menggunakan kayu cengkeh yang mebuat aroma kopi semakin harum.

” Kami mengedepankan cita rasa dan aroma kopi. Agar para penikmat kopi merasakan sensi baru dalam menikmatinya,” jelas Irwan.

Untuk anda yang ingin merasakannya, anda bisa langsung berkunjung dusun Munte, Desa Sapo Bonto, atau bisa melalui telfon dan via WhatsApp dinomor 085240761696.(Akbar Wahyudi)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!