KWT Bontobulaeng Kembangkan Pertanian Alami – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

KWT Bontobulaeng Kembangkan Pertanian Alami

PUPUK ALAMI. Proses pembuatan pupuk organik oleh KWT Desa Bontobulaeng, Kecamatan Bulukumpa. (Sumber: Dok. Pemdes Bontobulaeng).
BULUKUMPA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Bontobulaeng, Kecamatan Bulukumpa, mengembangkan sistem pertanian alami. Program tersebut mulai dikembangkan tahun ini.
Kepala Desa Bontobulaeng, Abdul Rais mengatakan, ada dua KWT yang mengembangkan pertanian alami di desanya, yakni KWT Dusun Pumpikatu dan KWT Dusun Mattunggaleng. “Yang aktif memang baru dua KWT ini, karena penggenjotan KWT memang baru kami lakukan beberapa tahun terakhir,” katanya, Minggu 26 November.
Menurutnya pada pengembangan program pertanian alami tersebut diawali dengan pembuatan pupuk organik. “Pupuk organik tersebut akan menjadi pengganti pupuk kimia yang selama ini digunakan pada tanaman yang dibudidayakan KWT,” jelasnya.
Selain meminimalisir penggunaan bahan kimia pada tanaman, lanjut Rais, melalui program pertanian organik tersebut juga bisa meminimalisir pengeluaran. “Karena pupuk atau pestisida dari bahan kimia itu harganya itu sedikit, tetapi dengan adanya program ini konsumsi tanaman juga aman dan juga bisa menghemat biaya karena bisa dibuat sendiri,” tuturnya.
KWT Desa Bontobulaeng, rutin melakukan koordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP). (ria/man/c)
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!