Benteng Malewang Arahkan KWT Budidayakan Jahe Merah – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Benteng Malewang Arahkan KWT Budidayakan Jahe Merah

Lokasi budidaya jahe merah di Desa Benteng Malewang, Kecamatan Gantarang, yang dilakukan oleh KWT setempat. (Sumber: Dok. Pemdes Benteng Malewang).
GANTARANG, RADAR SELATAN.CO.ID — Pemerintah Desa Bialo, Kecamatan Gantarang, mengarahkan Kelompok Wanita Tani (KWT) setempat membudidayakan jahe merah. Program tersebut mulai dilaksanakan 2018 mendatang.
“Ada sembilan KWT di Desa Benteng Malewang, semuanya kami arahkan untuk pengembangan jahe merah,” ungkap Kepala Desa Benteng Malewang, Amiruddin HR, Senin 26 November.
Sebagai bentuk dukungan, pemerintah desa akan memberikan bantuan bibit jahe kepada KWT. “Anggaran yang kami usulkan itu sekira Rp 50 juta, anggaran tersebut kami gunakan untuk pengadaan bibit dan pelatihan pembudidayaan jahe,” jelasnya.
Dalam budidaya jahe tersebut, KWT akan bekerja sama dengan pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Pemerintah desa yang sediakan bibit, KWT yang menanam kemudian BUMDes yang memasarkan. Jadi ada sinergitas pada program tersebut,” terangnya.
Saat ini sudah ada beberapa warga yang membudidayakan jahe merah, dengan total lahan sekira  satu hektare. “Diharapakan dengan pembudidayaan tersebut maka dapat meningkatkan kesejahteraan para petani,” harapanya. (ria/man/c)
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!