Hari Disabilitas, Penyandang Disabilitas di Kabupaten Gowa Dapat Perlakuan Istimewa – Radar Selatan

Radar Selatan

Jentago

Hari Disabilitas, Penyandang Disabilitas di Kabupaten Gowa Dapat Perlakuan Istimewa

GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID  – Memperingati Hari Disabilitas Internasional, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa bersama Swadaya Mitra Bangsa (Yasmib) Sulawesi mengunjungi rumah penyandang disabilitas yang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

“Ini adalah out put yang kami ingin capai dalam Program Peduli. Khususnya bagi penyandang disabilitas,” kata Masita Syam, Direktur Program Yasmib Sulawesi, Sabtu 2 Desember 2017.

Program Peduli dijalankan sejak tahun 2015 – 2016 (tahap I) dan berlanjut pada tahun 2017 – 2018 untuk tahap II. Salah satu tujuan Program ini adalah untuk mendorong penjangkauan layanan kepemilikan administrasi kependudukan bagi disabilitas.
Hasil yang diharapkan adalah tuntas administrasi kependudukan bagi disabilitas. Sebagai salah satu indikator layanan inklusif. Terpenuhinya layanan inklusif akan menjadi bagian indikator menuju kabupaten atau desa Inklusif.
Menurut Masita, tidak mudah meyakinkan pemerintah dan masyarakat agar memberikan hak penyandang disabilitas akan kepemilikan identitas. Karena itu, Yasmib bersama Dinas Kependudukan, dan pemerintah desa rutin melakukan dialog.

“Mendorong komitmen pemerintah untuk melakukan pelayanan kepada penyandang disabilitas yang tidak bisa mengakses kantor pemerintah,” kata Masita.

Salah satu bukti implementasi Program Peduli, Dinas Kependudukan mengunjungi rumah Sahabuddin (45 tahun), penyandang Disabilitas di Desa Barembeng, Kecamatan Bontonompo, Gowa.

Sejak lahir, Sahabuddin tidak bisa berjalan dan berbicara. Orang tua dan keluarganya juga tidak pernah mengusulkan agar Sahabuddin mendapatkan identitas seperti KTP. Alasan mereka, penyandang disabilitas tidak butuh KTP. Karena tidak ada aktivitas di luar rumah.

“Padahal dengan memiliki KTP, warga bisa mendapatkan hak lain seperti jaminan sosial dan jaminan pendidikan,” kata Masita.

Tidak hanya Sahabuddin, Yasmib telah memiliki daftar 66 warga penyandang disabilitas di Desa Barembeng. Nama-nama penyandang disabilitas ini diperoleh dari hasil pendataan penduduk inklusif. “Menggunakan jasa relawan pada saat proses pendataan dan telah berbasis aplikasi,” kata Masita.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa Ambo mengatakan, pelayanan keliling atau jemput bola ini juga membantu program percepatan kepemilikan KTP elektronik bagi warga.

“Terima kasih kepada Yasmib dan warga yang sudah memberikan informasi tentang keberadaan penyandang disabilitas yang sulit menjangkau layanan pemerintah. Dimana pun keberadaan warga disabilitas di Kabupaten Gowa yang tidak bisa ke kantor pemerintah, akan kami kunjungi,” kata Ambo.

Pelayanan keliling ini juga membantu mengurangi antrian pemohon di Kantor Dinas Kependudukan. Karena setiap hari ada 500 sampai 700 orang yang mengurus data kependudukan. “Untuk disabilitas kami prioritaskan dikunjungi,” kata Ambo.

KTP wajib bagi seluruh warga negara Indonesia. Ini adalah hak konstitusional. “Dinas Kependudukan wajib melayani,” ungkap Ambo.

Kepala Desa Barembeng Nurhadi mengatakan, dengan adanya Program Peduli, pemerintah mulai menjalankan program keliling ke rumah-rumah. “Semua penyandang disabilitas di Desa Barembeng sudah terdata dan direkam untuk memiliki KTP,” kata Nurhadi.

Relawan disabilitas Mantasiah Daeng Nunung mengatakan, kehadiran Yasmib di Desa Barembeng membuat masyarakat dan penyandang disabilitas lebih percaya diri. Sebelumnya, penyangdang disabilitas tidak mau keluar rumah karena merasa malu.

“Pelan-pelan kami beri penjelasan, sampai akhirnya mereka tidak lagi malu melapor, jika di dalam rumah mereka ada anggota keluarga penyandang disabilitas,’ kata Nunung.

Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember. Hari disabilitas adalah momentum penting untuk merubah persepsi sebagian masyarakat tentang disabilitas. Termasuk mengingatkan pemerintah akan pentingnya pemenuhan hak-hak disabilitas.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!