Poktan Kambuno Budidayakan Tanaman Lada – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Poktan Kambuno Budidayakan Tanaman Lada

KEMBANGKAN. Penyaluran bibit tabaman lada kepada kelompok tani di Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa. Tanaman lada mulai dikembangkan petani setempat dengan sistem pertanian alami. (Sumber: Dok. Pemdes Kambuno)
BULUKUMPA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Kelompok tani (Poktan) Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa, mulai membudidayakan tanaman lada. Baru-baru ini dua poktan menerima bantuan bibit salah satu komoditi rempah tersebut.
“Poktan yang menerima bantuan adalah poktan Dusun Manynyaha dan Dusun Assipettungnge, masing-masing kelompok menerima 2.500 pohon,” ungkap Kepala Desa Kambuno, Syahrullah Syam, Minggu 3 Desember.
Bantuan tersebut lanjut Syahrullah, merupakan bantuan dari program pemerintah melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Bulukumba. “Bantuan tersebut sudah lama kami usulkan tetapi memang bantuannya baru ada tahun ini sehingga pembudidayaan baru mulai kami lakukan tahun ini,” jelasnya.
Letak wilayah yang berada di dataran tinggi dan kondisi tanah yang masih subur menjadikan Desa Kambuna sangat cocok untuk semua jenis tanaman. “Hal tersebut menjadi alasan terbesar kami membudiayakan tanaman lada, karena sudah ada beberapa komoditi yang dikembangkan oleh masyarakat sehingga kami menguji coba untuk tanaman lada,” tuturnya.
Apalagi kata Syahrullah, didukung laboratorium pertanian yang ada di desanya, masyarakat juga mengembangkan pertanian alami. “Kedepannya semua masyarakat khususnya petani kami arahkan untuk menerapkan pertanian alami,” imbuhnya. (ria/man/c)
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!