250 KK di Bijawang Segera Nikmati Air Bersih  – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

250 KK di Bijawang Segera Nikmati Air Bersih 

FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN Pembangunan Pamsimas di Desa Bijawang, Kecamatan Ujungloe. Pamsimas tersebut diharapkan mampu meminimalisir kesulitan air bersih di daerah tersebut. (Sumber: Dok. Pemdes Bijawang)
UJUNGLOE, RADAR SELATAN.CO.ID  — Sedikitnya 250 kepala keluarga (KK) di dua dusun, yakni Dusun Campagarigi dan Dusun Padodo, Desa Bijawang, Kecamatan Ujungloe, segera menikmati sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Program tersebut merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA).
“Bantuan Pamsimas tahun ini yang kami dapatkan satu unit, anggarannya itu dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja) kabupaten,” kata Kepala Desa Bijawang, Elli Syahruni, Senin 4 Desember.
Saat ini proses pengerjaan proyek tersebut sementara berjalan sisa menunggu  pemasangan pipa ke rumah-rumah warga. “Bak airnya sudah selesai dikerjakan, sisa menunggu pipa. Hanya saja kalau pipa desa yang anggarkan jadi masih menunggu anggaran,” jelasnya.
Anggaran untuk Pamsimas, lanjut Elli baru diusulkan pada anggaran dana desa tahun 2018 mendatang. “Seharusnya penganggarannya dilakukan tahun ini, hanya saja memang kami menganggarkan di ADD (Alokasi Dana Desa) tahap pertama tahun depan. Anggaranya itu Rp 35 juta atau 10 persen dari ADD,” terangnya.
Pada pengelolaan Pamsimas, Pemerintah Desa Bijawang akan menyerahkan penuh kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Sebenarnya bisa dikelola langsung oleh pemerintah desa, cuman kami untuk lebih optimalnya kami akan serahkan ke BUMDes,” tuturnya.
Pamsimas rencananya akan mulai difungsikan 2018 mendatang dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan musyawarah dengan masyarakat setempat. (ria/man/b)
=========
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!