Patut Ditiru, BUMDes Batang Kelola Rumah Pangan Kita  – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Patut Ditiru, BUMDes Batang Kelola Rumah Pangan Kita 

RPK Lego-lego Desa Batang, Kecamatan Bontotiro. Program tersebut bersinergi dengan Perum Bulog Subdivre Bulukumba dan nantinya akan dikelola oleh BUMDes. (Sumber: Dok. Pemdes Batang).
BONTOTIRO, RADAR SELATAN.CO.ID  — Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Batang, Kecamatan Bontotiro, akan mengelola Rumah Pangan Kita (RPK). Program tersebut akan dikerjasamakan dengan Perum Bulog Subdivre Bulukumba.
Kepala Desa Batang, Hamzah Hafid menjelaskan, saat ini RPK Lego-lego Desa Batang telah terbentuk dan mulai memasarkan beberapa sembako seperti gula, minyak, beras dan kebutuhan pokok lainnya. Selain mengembangkan BUMDes, unit usaha  ini juga dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang relatif murah.
“Sudah lama beroperasi, hanya saja untuk saat ini masih dikelola oleh pemerintah desa dan dalam waktu dekat ini setelah SDM BUMDes siap, maka kami akan serahkan,” katanya, Senin 4 Desember.
RPK lanjut Hamzah Hafid sebagai bentuk gerakan stabilisasi pangan oleh Perum Bulog. “Dan sasaran Bulog itu memang semua masyarakat khususnya di pelosok, olehnya itu beberapa waktu lalu kami berinisiatif bagaimana kalau bersinergi dengan Bulog,” jelasnya.
Hamzah menambahkan, BUMDes Batang saat ini juga mempersiapkan unit usaha baru yakni pengelolaan kopi Konjo. “Kopi Konjo itu adalah nama minuman atau kopi yang telah kami olah, unit usaha ini sementara kami siapkan juga,” tuturnya.
Jumlah anggaran yang dikucurkan tahun ini untuk BUMDes Rp 60 juta dan tahun 2018 mendatang rencananya akan dialokasikan Rp 100 juta. (ria/man/c)
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!