Dana Desa Tahun 2018 Rp 95 miliar, Tanah Toa Tertinggi, Lamanda Terendah – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Dana Desa Tahun 2018 Rp 95 miliar, Tanah Toa Tertinggi, Lamanda Terendah

A. Uke Indah Permatasari Kabid PMD DPMPD   
BULUKUMBA,RADAR SELATAN.CO.ID  — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bulukumba, mencatat jumlah dana desa tahun 2018 mencapai Rp 95.847.004.000. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun 2017.
“Berdasarkan pagu anggaran, jumlah dana desa tahun ini hanya mencapai Rp 86.988.704.000, sementara tahun 2018 mendatang mencapai Rp 95.847.004.000,” ungkap Kabid Pemerintahan Desa (PMD) DPMPD Bulukumba, Andi Uke Indah Permatasari, Selasa 5 Desember.
Hanya saja lanjut Andi Uke, pihaknya belum memberikan informasi ke desa-desa terkait jumlah anggaran yang akan diterima tiap-tiap desa. “Kami masih menunggu penetapan anggaran bagi hasil pajak, setelah nantinya semuanya lengkap. Maka kami akan menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah desa dan sekaligus penyampaian informasi anggaran untuk tiap-tiap desa,” jelasnya.
Namun berdasarkan informasi penerima dana desa terbanyak tahun 2018 mendatang adalah Desa Kahayya, Kecamatan Kindang dan jumlah dana desa terendah adalah Desa Lamanda, Kecamatan Bontotiro. “Kalau tahun ini penerima terbanyak adalah Desa Tanah Toa, Kecamatan Kajang dan terendah tetap Desa Lamanda, Kecamatan Bontotiro,” terangnya.
Andi Uke menambahkan, standarisasi penerimaan dana desa terbanyak dilihat dari kondisi geografis yang meliputi letak dan luas wilayah. “Selain itu juga dilihat dari angka kemiskinan warganya dalam hal ini tingkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di desa setempat,” tambahnya. (ria/man/b)
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!