Ketum Hmi: Suardi Mansing Harus Mempertanggung Jawabkan Pernyataannya – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Ketum Hmi: Suardi Mansing Harus Mempertanggung Jawabkan Pernyataannya

Ketua Umum Hmi Bulukumba, Rakhmat Fajar

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Ketua Umum Hmi Cabang Bulukumba, Rakhmat Fajar, meminta Suardi Mansing, yang merupakan dosen di salah satu perguruan tinggi swasta, untuk mempertanggung jawabkan pernyataan yang mendeskreditkan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (Hmi) dalam salah satu grup whastapp.

” Pernayataanya sebagai seorang mantan ketua salah satu organisasi kemahasiswaan dan juga sebagai dosen tidak patut dan merusak HMI secara kelembagaan. Dia harus bertanggung jawab dan mengklarifkasi apa maksud dari pernyataanya dan meminta maaf,”ujarnya.

Menurut Fajar, adanya peryataan Suardi Mansing, yang menyebutkan islam dalam Hmi hanya dijadikan nama sangat keliru. Begitu juga dengan pernyataan yang menyebutkan Hmi hanya mencetak politisi juga dinilai tidak berdasar dan tanpa landasan data yang kuat. Padahal, sejarah telah mencatat Himpunan Mahasiswa Islam (Hmi) yang dibentuk sejak tahun 1947 oleh Lafran Pane yang tak lain pahlawan nasional telah banyak mencetak tokoh pembaharu disegala aspek kehidupan dan lintas profesi. Tak hanya politisi, tapi kader Hmi juga banyak berkecimpun di dunia akademisi, pakar hukum, ulama, dokter dan sebagainya.

“Siapa bilang dan data apa yang dipakai sehingga menyebut Hmi menjadikan islam sebagai nama saja. Jelas di Pasal 3 AD, Hmi berazaskan Islam. Bahkan kelahiran Hmi didasari faktor keislaman. Jangan hanya melihat beberapa contoh kasus, lalu mengeneralisasikan secara umum. Keliru itu namanya, bedakan personal dan kelembagaan. Dan jangan merasa berislam paling benar, mazhabnya yang paling benar, harusnya kita saling menghormati,” tegasnya.

Selain itu, Fajar mendesak, agar pihak kampus dalam hal ini Stimik Adinata, tempat dimana Suardi Mansing bertugas sebagai dosen, agar diberhentikan karena dinilai akan menjadi benalu yang akan merusak nama dan citra kampus. Saat ini, lanjut Fajar, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Pengurus Cabang dan pengurus Kahmi, guna menentukan sikap dan langkah yang akan ditempuh tterkait pernyataan Suardi Mansing.

“Pihak kampus harus memberhentikan dia, termasuk Dikti harus mencabut status kedosenannya. Sebagai dosen, seharusnya tidak membawa sentimen organisasi,”pungkasnya. (Faj)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!