Balangpesoang Prioritaskan Pengembangan BUMDes – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Balangpesoang Prioritaskan Pengembangan BUMDes

Akhdiar Kades Balangpesoang 
BULUKUMPA,RADAR SELATAN.CO.ID  — Pemerintah Desan Balangpesoang, Kecamatan Bulukumpa, akan mengoptimalkan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Program tersebut menjadi salah satu usulan prioritas pada penyusuna Rencana Kerja Program Desa (RKPDes) tahun 2018 mendatang.
Kepala Desa Balangpesoang, Akhdiar menjelaskan, pengoptimalan BUMDes dilakukan karena BUMDes merupakan salah satu program yang arahnya ke perekonomian desa. “Kalau perekonomian desa meningkat dan lebih baik lagi, maka program apa saja bisa kita kembangkan di desa, karena BUMDes bisa menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes),” jelasnya, Minggu 10 Desember.
Tahun ini sekira Rp 100 juta anggaran dana desa yang dialokasikan untuk modal awal BUMDes. “Unit usaha yang telah berjalan sekarang adalah unit usaha di bidang petenakan, yakni usaha  penggemukan sapi,” katanya.
Melalui usaha penggemukan sapi, BUMDes Balangpesoang, mulai mengahasilkan omzet atau keuntungan. “Hanya saja belum bisa kami publis berapa pendapatannya, karena angarannya masih sangat minim dan belum tercatat sebagai PADes karena masih digunakan untuk pengembangan BUMDes,” terangnya.
Akhdiar menambahkan, pihaknya saat ini sementara menunggu pencairan dana desa tahap kedua. Dana tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan rabat beton dan pelatihan pertanian alami.
“Rabat beton di Dusun Kampung Baru sepanjang 500 meter, kami berharap pencairan bisa dilakukan secepatnya agar program desa segera rampung,” imbuhnya. (ria/man/c)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!