Garuntungan Optimalkan Pemberdayaan Karang Taruna, Melalui Pengelolaan Perbengkelan dan Pertukangan – Radar Selatan

Radar Selatan

Ragam

Garuntungan Optimalkan Pemberdayaan Karang Taruna, Melalui Pengelolaan Perbengkelan dan Pertukangan

Andi Usdar Kades Garuntungan
KINDANG,RADAR SELATAN.CO.ID  — Pemerintah desa Garuntungan, Kecamatan Kindang, mengoptimalkan pemberdayaan Karang Taruna. Organisasi pemuda ini akan diberikan pelatihan untuk usaha perbengkelan dan pertukangan.
“Usaha perbengkelan di desa kami masih sangat minim, sementara pemuda-pemuda di sini memiliki potensi di bidang tersebut. Makanya kami akan mengarahkan Karang Taruna untuk mengembangkan unit usaha ini,” kata Kepala Desa Garuntungan, Andi Usdar, Minggu 10 Desember.
Menurut Usdar, program tersebut telah diusulkan melalui muyawarah desa terkait penyusunan program desa tahun 2018 mendatang. Sebagai bentuk dukungan pemerintah desa, pihaknya akan mengucurkan anggaran sekira Rp 35 juta dana desa.
“Dana tersebut sebagai dana awal untuk pembinaan atau pelatihan untuk meningkatkan kapasitas Karang Turuna dalam pengelolaan usaha perbengkelan dan pertukangan,” jelasnya.
Untuh menyukseskan progaram ini, lanjut Usdar, pihaknya berencana menjalin kerja sama dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Sosial, Dinas ketenagakerjaan dan Dinas Koperasi usaha Mikro Kecil dan Menengah (DKUMKM). “Misalkan nantinya kami akan mengusulkan permohonan bantuan alat atau paling tidak OPD terkait bisa memerikan pembinaan,” tuturnya.
Usdar menambahkan, tahun 2018 mendatang Pemerintah Desa Garuntungan, juga akan mengoptimalkan pembangunan di bidang infrastruktur. “Program-program infrastruktur tersebut, yakni pembenahan lapangan sepak bola, pembangunan embung dan pembangunan irigasi,” tambahnya. (ria/man/c)
=======

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!