Gempa di Sinjai Tak Berpotensi Merusak – Radar Selatan

Radar Selatan

Sinjai / Selayar

Gempa di Sinjai Tak Berpotensi Merusak

SINJAI, RADAR SELATAN.CO.ID  — Sekira pukul 01.10 Wita dini hari kemarin, Kabupaten Sinjai diguncang gempa. Namun gempa yang hanya berkekuatan 3,8 skala richter tersebut dinilai tidak berpotensi merusak apalagi tsunami.
Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, A Fachri Radjab, menjelaskan, jika dilihat pada situs BMKD, gempa berada pada 12 km sebelah tenggara Sinjai. “Pusat gempa berada pada kedalaman 12 km. Lokasi persis gempa berada pada 5,24 lintang selatan 120,21 bujur timur,” paparnya saat dihubungi, Rabu 13 Desember 2017.
Lebih jauh, Fachri menjelaskan, gempa tersebut dalam kategiri berskala II MMI (Modified Mercally Intensity), yang artinya dirasakan oleh beberapa orang dan dampak yang ditimbulkan benda-benda ringan yang digantung akan bergoyang. “Tidak semua orang khususnya di Sinjai merasakan itu, paling yang dekat-dekat laut saja. Dan gempa dengan skala 3,8 tidak menimbulkan kerusakan, warga tidak perlu panik,” tambahnya.
Sementara itu, salah seorang warga Sinjai, Irwan Syuaib, mengaku gempat dirasakan tepat tengah malam menjelang dini hari saat sebagaian warga sudah terlelap. Meski tak menimbulkan kerusakan, namun ia dan beberapa masyarakat masih trauma dan dihinggapi rasa cemas.
“Saya sedang asyik ngopi di warkop semalam, tiba-tiba ada getaran seperti gempa. Terpaksa pulang cepat lihat anak di rumah. Alhamdulilah mereka sudah tertidur jadi tidak merasakan gempanya,” ungkap Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Kesehatan Sinjai ini.
Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai, A Junaedi Mustafa saat ditemui membenarkan adanya gempa yang dirasakan oleh warga Sinjai. “Saya juga sempat panik karena merasakan getaran gempa saat sementara makan,” ceritanya.
Dia mengaku pihaknya belum menerima laporan masyarakat adanya kerusakan atau korban akibat gempa tersebut. Namun dia mengimbau masyarakat tetap waspada kemungkinan terjadinya gempa susulan dan diharapkan segera berkoordinasi dengan pemerintah setempat jika membutuhkan bantuan pemerintah.
“Sampai saat ini saya belum mendapatkan informasi adanya kerusakan akibat gempa yang terjadi semalam. Semoga tidak ada lagi gempa susulan, kita sedang koordinasi terus dengan pihak BMKG,” jelasnya.(faj-mul/man/b).

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!